Kegiatan Pemanfaatan Pekarangan Untuk Pengembanagn Pangan

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

Dalam rangka melaksanakan Program Peningkatan Ketahanan Pangan Pertanian/Perkebunan, Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Magelang melaksanakan Kegiatan Pemanfaatan Pekarangan Untuk Pengembangan Pangan yang dikemas dalam bentuk pelatihan budidaya tanaman buah dalam pot (tabulampot) dan pelatihan budidaya jamur tiram.

Kedua pelatihan tersebut dipilih dengan beberapa tujuan di antaranya agar warga dapat memanfaatkan lahan sempit miik mereka menjadi lahan produktif yang dapat mendatangkan pendapatan tambahan. Selain itu agar kota Magelang menjadi lebih hijau dan asri yang nantinya akan berefek pada peningkatan kualitas hidup warga.

 

Pelatihan Budidaya Jamur Tiram pada tanggal 7 April 2015 dan diikuti 40 orang peserta (24 pria dan 16 wanita) yang berasal dari berbagai kelurahan se-kota Magelang. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Magelang, Ir. Sri Retno Murtiningsih yang turut menyampaikan sedikit motivasi kepada para peserta untuk mau memanfaatkan pekarangan agar dapat mendatangkan penghasilan tambahan karena potensi pasar jamur tiram yang masih sangat terbuka luas.

Peserta pelatihan dibekali dengan berbagai pengetahuan mengenai budidaya jamur tiram mulai dari pembutan log jamur (baglog) hingga perawatan dan panen. Peserta sangat antusias karena bisa langsung praktek dan hasilnya dapat dibawa pulang.

 

Peserta bersemangat dalam praktek pembutan media tanam (baglog)

 

Sebagai narasumber adalah pelaku usaha budidaya jamur tiram yang berdomisili di Krincing dan sudah lebih dari 5 tahun menggantungkan hidupnya dari usaha budidaya jamur tiram ini. Sehingga sangat paham teknik-teknik budidaya serta permasalahan dan cara mengatasi permasalahan yang timbul. Sehingga peserta dapat berinteraksi langsung dengan pembicara dan menanyakan kesulitan-kesulitan yang akan dihadapi dalam budidaya jamur tiram.

 

                Pelatihan Pemanfaatan Pekarangan untuk Pengambangan Pangan dilanjutkan keesokan harinya pada 8 April 2015 dengan agenda Budidaya Tabulampot (tanaman buah dalam pot). Pelatihan ini diikuti 30 orang peserta dari berbagai kelurahan di kota Magelang dengan peserta difokuskan dari Jurangombo. Hal ini terkait pencanangan Jurangombo sebagai kampung buah oleh Lurah setempat.

 

 

Dengan menghadirkan praktisi pelaku usaha tabulampot dari Salaman, Bapak Samlawi, pelatihan menjadi sangat menarik dan interaktif. Beliau berbagi ilmu budidaya mulai dari pengolahan media tanam, perawatan, pengendalian hama, dan yang menarik beliau juga membeberkan teknik sambung batang sehingga dapat memodifikasi tanaman dengan menggunakan indukan yang berkualitas. Saat praktek pun, ada peserta yang mencoba membuat 1 pohon jambu dengan beberapa pucuk dari varietas berbeda, sehingga apabila berbuah akan menghasilkan beberapa macam buah jambu dalam 1 pohon. Peserta terlhat cukup memahami isi pelatihan setelah langsung praktek dan dapat langsung melakukan tanya jawab dengan narasumber.