DISPETERIKAN KOTA MAGELANG FASILITASI KEGIATAN PELATIHAN PEMBUATAN PAKAN IKAN MANDIRI

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

Beberapa waktu yang lalu, Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kota Magelang menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan Mandiri. Kegiatan tersebut dilaksanakan guna mendukung salah satu program strategis pengembangan produksi perikanan budidaya yang berkelanjutan yang dicanangkan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan yaitu GERPARI (Gerakan Pakan Mandiri). Kegiatan ini diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari 17 orang pembudidaya serta 8 orang pengurus Masyarakat Perikanan Kota Magelang (MPKM).

               Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan Mandiri dengan memanfaatkan bahan baku local yang ada di sekitar (limbah : pertanian, pabrik makanan, pengolahan ikan) bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para pelaku utama bahwa dengan bahan baku local serta memanfaatkan teknologi yang ada diharapkan dapat meningkatkan keuntungan sehingga pada hasil akhirnya dapat untuk meningkatkan kesejahteraan bagi para pembudidaya.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Bapak Erik Sutikno, SP dari BBPBAP Jepara yang memberikan pemaparan cara-cara membuat pakan ikan dengan bahan baku local baik secara teori maupun praktek.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kota Magelang Ir. Sri Retno Murtiningsih mengatakan bahwa Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan Mandiri ini menjadi penting dan berpotensi sebagai solusi keterbatasan modal untuk operasional pembudidaya ikan. Ditunjang dengan adanya paket bantuan mesin pembuat pakan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan, yang pengelolaannya sudah diserahkan kepada Masyarakat Perikanan Kota Magelang (MPKM) beberapa waktu yang lalu. Pemerintah Daerah akan terus memberikan dukungan baik itu pembinaan, sarana dan prasarana serta teknologi untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memproduksi pakan ikan mandiri. Dengan bekerjasama dengan Masyarakat Perikanan Kota Magelang (MPKM) kegiatan ini akan dijadikan percontohan untuk mengembangkan system produksi pakan mandiri. Kepala Dispeterikan Kota Magelang berharap setelah pelatihan ini para pelaku utama mempunyai kemampuan membuat pakan ikan sendiri dan kegiatan budidaya menjadi kegiatan wirausaha yang berorientasi hasil / profit dan meningkat ke level pelaku usaha.

Kontributor

Nuri Kriswanti, S.Pi

PPB Kota Magelang