PENANAMAN POHON DAN RESIK-RESIK GUNUNG TIDAR

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

Resik-resik gunung tidar menjadi agenda rutin yang selalu dilakukan oleh UPT Kawasan Gunung Tidar bersama pihak dari luar baik dari warga sekitar, relawan, ataupun pihak mana saja yang mempunyai visi dan misi yang sama yaitu peduli akan kelestarian dan kebersihan gunung tidar sebagai icon kunjungan wisata di Kota Magelang. Hari sabtu tanggal 25 Oktober UPT Kawasan Gunung Tidar bersama mahasiswa dari UNTIDAR mengadakan kegiatan bersama untuk penanaman pohon tabepuya dan resik-resik Gunung Tidar, hal ini menjadi contoh untuk generasi muda lebih peduli terhadap potensi lingkungan yang berhubungan langsung dengan penghijauan dan kelestarian alam.

 

Kegiatan bersama seperti ini diharapkan menjadi start awal untuk bisa selalu bersama-sama menjaga kelestarian di Gunung Tidar baik dari lingkungan akademisi UNTIDAR maupun pihak lainnya. Generasi muda diharapkan lebih peduli terhadap lingkungan baik itu menjaga, merawat dan menanam kembali apabila berhubungan dengan konservasi hutan terutama di Gunung Tidar.

Kelestarian dan kebersihan Kawasan Gunung Tidar menjadi tujuan utama agar wisata religi/ budaya Gunung Tidar bisa diwariskan kepada generasi selanjutnya. Bukan hanya peningkatan pengunjung tetapi peningkatan flora dan fauna diharapkan berbanding lurus.

 

Gunung Tidar harus tetap bisa membawa nama baik Kota Magelang yang sudah melegenda dengan berbagi macam cerita dari pakuning tanah jawa beserta cerita-cerita yang ada didalamnya seperti perjalanan Syeh Subakir dan Kyai Semar. Gunung Tidar harus tetap bisa menyejukkan Kota Magelang dengan kepedulian dari seluruh warga kota Magelang pada umumnya dan UPT Kawasan Gunung Tidar khususnya karena diberi tanggung jawab untuk mengelola secara profesional.

 

UPT Kawasan Gunung Tidar berusaha semaksimal mungkin untuk memajukan salah satu destinasi wisata di kota magelang dengan segala kemampuan baik dari segi SDM dan pendanaan agar untuk kedepannya Gunung Tidar semakin menjadi andalan tujuan wisata dari dalam dan luar daerah Kota Magelang. Harapan terbesar adalah ketika Gunung Tidar sudah menjelma menjadi tujuan wisata yang diperhitungkan seluruh warga Kota Magelang ada rasa memiliki dan rasa ingin tetap terus menjaga kelestarian hutan kota yang memberi banyak manfaat bagi mereka semua.