PEMOTONGAN HEWAN DI RPH KOTA MAGELANG DALAM RANGKAPERAYAAN HARI RAYAIDUL FITRI 1438 H/2017 M

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita


Seperti tahun-tahun sebelumnya jumlah permintaan daging sapi mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Fitri. Hal ini ditandai dengan peningkatan jumlah pemotongan hewan di RPH Kota Magelang.

Peningkatan jumlah pemotongan mulai dirasakan sekitar satu minggu menjelang Hari Raya Idul Fitri atau sejak Hari Minggu tanggal 18 Juni 2017. Secara berangsur-angsur mengalami kenaikan dari hari-hari biasanya yang hanya memotong 11-12 ekor sapi. Peningkatan drastis mulai terjadi sejak Hari Kamis tanggal 22 Juni 2017 dan mencapai puncaknya pada Hari Sabtu tanggal 24 Juni 2017 dimana jumlah sapi yang dipotong mencapai 50 ekor.

Pada Hari Minggu tanggal 25 Juni 2017 atau 1 Syawal 1438 H tidak ada aktifitas pemotongan di RPH Kota Magelang, sementara pada hari kedua Idul Fitri jumlah sapi yang dipotong hanya 3 ekor. Pada hari ke-3 sampai dengan ke-8 pemotongan masih stabil diangka 15 sampai dengan 17 ekor, kemudian berangsur-angsur kembali ke jumlah pemotongan normal sekitar 11-12 ekor sapi.

Pemotongan hewan sapi di RPH Kota Magelang selain untuk memenuhi permintaan daging sapi di Kota Magelang juga dikirim ke daerah lain seperti Kab. Magelang, Semarang dan Purworejo.