Pelatihan Ikan Hias Tahun 2017

Ditulis oleh Abdul Ghufron, A.Md on . Posted in Berita

 

Pelatihan Ikan Hias bertujuan untuk meningkatkan jumlah Rumah Tangga Perikanan di Kota Magelang, khususnya yang berkecimpung dalam usaha ikan hias. Pelatihan ini juga dipandang Sebagai upaya peningkatan produksi perikanan dan menggairahkan kembali usaha budidaya ikan hias di Kota Magelang. Pangsa pasar yang menjanjikan mendorong kegiatan pelatihan ikan hias untuk dilaksanakan. Kita ketahui bersama bahwa ikan-ikan yang dijual di pasar ikan hias dan toko ikan hias yang ada di Kota Magelang masih sebagian besar disuplai dari Jawa Timur. Dengan diadakannya Pelatihan Ikan Hias diharapkan mampu memberikan pengetahuan dan merubah manset masyarakat yang tadinya hanya menjadi penikmat dan penghobies ikan hias beralih menjadi pelaku usaha dibidang ikan hias, baik sebagai peternak, pendeder, penyedia pakan, dan penyediaan wadah budidaya ikan hias (Aquarium) atau berbagai segmentasi pasar lainnya.

Usaha ikan hias tidak memerlukan lahan yang luas seperti budidaya ikan konsumsi. Keberadaan lahan budidaya yang semakin tergerus dengan kenaikan jumlah penduduk dan pembangunan wilayah perumahan dan pemukiman mendorong perlunya inovasi usaha dibidang perikanan yang tidak membutuhkan lahan yang luas, salah satunya dengan usaha ikan hias. Usaha ikan hias air tawar sangatlah cocok untuk dikembangkan di Kota Magelang dan dijadikan sebagai mata pencaharian utama maupun sampingan. Selain dapat dibudidayakan di lahan yang sempit bahkan didalam rumah, ikan hias juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Ikan hias lebih mengutamakan kualitasnya daripada kuantitas. Dengan kualitas yang baik ikan hias dapat dihargai dengan tinggi bahkan ketika masih dalam ukuran yang kecil.

Ikan hias yang dapat dikembangkan di Kota Magelang juga beragam, dari ikan cupang, Guppy, Manfish, Diskus, Louhan, sampai ikan yang berukuran sangat kecil seperti Neon Tetra dan Zebra Danio yang saat ini dikembangkan oleh Dimas Andi Setiawan dan Heri Sucianto yang dahulu sempat menjadi peserta Pelatihan Ikan Hias yang diadakan Dinas Pertanian Dan Pangan Kota Magelang beberapa bulan yang lalu. Walaupun tingkat produksinya masih sangat rendah, akan tetapi keseriusan 2 orang ini menjadikan bukti keberhasilan Pelatihan Ikan Hias untuk menggairahkan kembali usaha ikan hias di Kota Magelang.

Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang dalam hal ini Bidang Peternakan dan Perikanan berkomitmen untuk mengadakan Pelatihan Ikan Hias 3 kali berturut-turut untuk meningkatkan bakat dan minat serta menambahkan wawasan  warga Kota Magelang terhadap usaha ikan hias. Para peserta pelatihan akan diberikan wawasan tentang peluang usaha dan segmentasi pasar ikan hias oleh narasumber yang juga sebagai pelaku produsen dan pemasar ikan hias. Bukan hanya wawasan, peserta pelatihan juga dibekali dengan keterampilan membuat wadah budidaya ikan hias (Aquarium) yang diajarkan langsung oleh intruktur yang benar-benar ahli dalam pembuatan wadah budidaya ikan hias.

Pasca pelatihan para peserta juga didorong membentuk kelompok agar terbentuk sebuah komunitas yang positif. Seperti yang telah dilakukan oleh para peserta pelatihan ikan hias yang dilaksanaakan beberapa bulan yang lalu dengan membuat Kelompok Ikan Hias Magelang. Kelompok menjadi sarana berdiskusi dan berbagi wawasan baru tentang ikan hias. Selain didorong membuat kelompok, para peserta yang serius menggeluti usaha ikan hias juga mendapatkan pendampingan dan bimbingan teknis dari Dinas Pertanian Dan Pangan Kota Magelang. 

pelatikan1pelatikan2

pelatikan3pelatikan4

pelatikan5pelatikan6