LOMBA CIPTA MENU BERAGAM BERGIZI SEIMBANG DAN AMAN (B2SA)

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

 

Pola konsumsi pangan merupakan perilaku paling penting yang dapat mempengaruhi keadaan gizi seseorang. Hal ini disebabkan karena kuantitas dan kualitas pangan yang dikonsumsi akan mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang. Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit terkait gizi, maka pola konsumsi pangan masyarakat perlu ditingkatkan kearah konsumsi pangan Beragam, Bergizi seimbang, dan Aman (B2SA).

Guna memotivasi masyarakat agar mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman (B2SA), setiap unit kerja yang terkait dengan ketahanan pangan dan kelompok masyarakat perlu melakukan sosialisasi maupun gerakan secara terus menerus untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta mengubah pola konsumsi pangan masyarakat menuju B2SA. Dalam rangka mempercepat pemahaman masyarakat tentang konsumsi pangan B2SA, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang menyelenggarakan sosialisasi dan promosimelalui “Lomba Cipta Menu Pangan Olahan Berbahan Baku Lokal”. Lomba tersebut dimaksudkan agar setiap individu yang bertanggung jawab dalam menentukan dan menyediakan menu keluarga sehari-hari dapat menyajikan menu yang beragam, bergizi seimbang, dan aman.

Tujuan diselenggarakannya Lomba Cipta Menu B2SA berbasis sumber daya lokal adalah untuk :

  1. Meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi panganB2SA untuk meningkatkan kualitas hidupnya.
  2. Mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat pada umumnya dan ibu rumah tangga khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun menu B2SA berbasis sumber daya lokal.
  3. Membangun budaya keluarga untuk mengonsumsi aneka menu makanan B2SA untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari, dengan memanfaatkan potensi pangan yang ada di sekitar rumah (pekarangan).

Sasaran Kegiatan lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman dengan memanfaatkan sumberdaya lokal adalah untuk percepatan penganekaragaman kosumsi pangan berbasis sumberdaya lokaldengan peserta anggota Tim Penggerakk PKK Kelurahan se Kota Magelang yang merupakan juara I Lomba Cipta Menu tingkat kelurahan.

 

 

 

MENU LOMBA

Menyusun menu Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) selama 1(satu) hari untuk satu keluarga yang terdiri dari : ayah (35 tahun), Ibu (32 tahun), Anak perempuan (7 tahun), Anak laki-laki (2 tahun)

KRITERIA PENILAIAN LOMBA

  1. Penilaian Resep Menu 1 hari (mencakup 30% penilaian)

Dilakukan terhadap resep menu 1 hari yang dikirim ke panitia, yang didasarkan pada pemenuhan prinsip Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA), dengan kecukupan menu keluarga sesuai porsi.

  1. Penilaian pada saat lomba (mencakup 70% penilaian);
    1. Keseimbangan menu sesuai porsi (15%);
    2. Keanekaragaman jenis bahan pangan (10%);
    3. Kreativitas pengembangan resep dengan memanfaatkan pangan lokal (20%);
    4. Cita rasa (20%)
    5. Tampilan dan aspek keamanan pangan (10%)
    6. Penyajian makanan (10%)
    7. Aplikatif (15%)

PELAKSANAAN LOMBA

Lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman berbahan baku lokal tingkat Kota Magelang dilaksanakan pada :

Hari, tanggal           : Rabu, 18 Oktober 2017

                             Jl. Cempaka No.6 Magelang

 

JUARA LOMBA TINGKAT KOTA MAGELANG

  1. Juara I TP PKK Kelurahan Cacaban
  2. Juara II TP PKK Kelurahan Potrobangsan
  3. Juara III TP PKK Kelurahan Magersari

 

Juara I akan mewakili TP PKK Kota Magelang untuk mengikuti     lomba sejenis tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018.

 

HADIAH LOMBA/PEMBINAAN LOMBA

Lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman dengan memanfaatkan sumber pangan lokal, diambil 3 (tiga) juara dengan hadiah berupa uang pembinaan.

lmb

lmb1