Animo Masyarakat Meningkat Pada Gelaran Festival dan Battle of Aquascape Kota Magelang

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

MAGELANG-Batalyon Armed-11 (Yon Armed-11), Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang dan Komunitas Aquascape Magelang sukses menggelar festival dan battle of aquascape pada hari minggu, 24 Maret 2019 di area Yon Armed 11 bersamaan dengan kegiatan Car Free Day (CFD) Rindam Magelang. Kegiatan yang digelar dalam rangka HUT Kostrad ke-58 itu mampu menjadi magnet bagi ratusan masyarakat yang menyaksikan kegiatan ini untuk mulai menggemari seni aquascape.

 Sebagai informasi aquascape merupakan seni mengatur tanaman air dan batu karang, koral atau kayu apung secara alami dan indah di dalam akuarium. Tujuan utama aquascape untuk menciptakan sebuah gambaran bawah air sehingga aspek teknis pemeliharaan tanaman air juga harus dipertimbangkan. Banyak faktor yang harus seimbang dalam ekosistem dari sebuah tangki akuarium untuk memastikan keberhasilan terciptanya sebuah keindahan seni aquascape, yaitu filtrasi( penyaringan), kadar CO2 untuk mendukung fotosintesa, substrat dan pemupukan, pencahayaan dan kontrol alga.

Danyon Armed-11, Letkol Asep Ridwan selaku Pelindung Kegiatan menyatakan perkembangan aquascape di Kota Magelang sangat pesat dengan terbentuknya Komunitas Aquascape di Kota Gethuk ini. “Komunitas menjadi wadah seniman dan hobiis untuk saling belajar dan bertukar pengalaman sehingga positif bagi munculnya kreativitas dan inovasi generasi muda Kota Magelang untuk pengembangan aquascape,”ujarnya.

Sementara itu Kasi Perikanan Disperpa, Windo Atmoko menyatakan sangat gembira melihat progress positif aktivitas pelaku perikanan di Kota Magelang, khususnya aquascape. Pihaknya menyatakan sangat terbuka untuk ide-ide kreatif dan inovatif dalam rangka memasyarakatkan aquascape di Kota Magelang sehingga sektor perikanan dapat memiliki aspek sosial yang baik dan daya ungkit bagi perekonomian masyarakat. (among_wibowo, red)