Kuartet Penyuluh Pertanian Roadshow Pertemuan Poktan Untuk Penyusunan RDKK Pupuk Bersubsidi Kota Magelang 2020

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

MAGELANG-Penyuluh dimanapun berada rupanya masih menjadi garda terdepan dalam pembangunan pertanian di Indonesia, tak terkecuali di Kota Magelang. Kuartet Penyuluh Pertanian Kota Magelang sepanjang bulan Maret tahun 2019 intensif melaksanakan pertemuan kelompok tani (poktan) di Kota Magelang. Misi utama yang diusung tak lain untuk mendampingi lebih dari 400 petani di 18 poktan. Dengan luas areal persawahan Kota Magelanng yang masih sekitar 143 ha, penyusunan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) Pupuk Bersubsidi tahun 2020 menjadi urgent untuk memastikan kebutuhan pupuk petani terpenuhi dengan prinsip 6 Tepat. RDKK Pupuk Bersubsidi penting sebagai acuan penyediaan pupuk bersubsidi bagi petani gurem yang tergabung dalam poktan dan memiliki luas lahan garapan maksimal 2 hektar.

Koordinator Penyuluh Pertanian Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang, Sam Wahyono mengatakan bahwa Kelompok Jabatan Fungsional (KJF) Penyuluh Pertanian Kota Magelang terdiri dari 4 orang yaitu Nurul Hidayati (Magelang Selatan), Among Wibowo (Magelang Tengah), Abdul Z.Rochim (Magelang Utara) dan dirinya sendiri sebagai koordinator Kota Magelang. Kuartet Penyuluh Pertanian tersebut selama bulan Maret ini sudah bekerja siang dan malam sesuai jadwal pertemuan rutin poktan. Dalam pertemuan poktan tersebut, setiap penyuluh menyelesaikan penyusunan RDKK Pupuk Bersubsidi tingkat Poktan dengan metode wawancara. Adapun jenis pupuk yang disubsidi pemerintah meliputi Urea, NPK Phonska, SP-36, ZA dan Pupuk Organik. Terinformasi sampai minggu ini tim Penyuluh Pertanian sudah selesaikan hampir 100% atau sekitar 14-15 poktan, sisanya selesai akhir bulan Maret ini. “Setelah tersusun semuanya nanti akan ada tahapan rekapitulasi masing-masing poktan,”imbuhnya.

 

 

Sementara itu, Among Wibowo, Penyuluh Kecamatan Magelang Tengah menjelaskan bahwa mekanisme penyusunan RDKK Pupuk Bersubsidi dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat petani/poktan hingga level nasional dan disusun pada tahun sebelumnya. Artinya RDKK Pupuk Bersubsidi yang disusun tahun 2019 ini digunakan untuk tahun pelaksanaan 2020, demikian seterusnya. Kota Magelang sendiri dilaksanakan melalui 3 jenjang, yaitu tingkat poktan, tingkat kecamatan dan tingkat kota. Schedule kegiatan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya dimulai bulan Maret hingga Juni 2019. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan. Pelaksanaannya secara rinci untuk RDKK tingkat poktan disusun bulan Maret, RDKK tingkat kecamatan bulan April, RDKK tingkat bulan Mei dan upload ke SIMPI dan e-RDKK Kementan bulan Juni,”tegasnya.

 

 

 

Disinggung dokumen RDKK Pupuk Bersubsidi, Among menyatakan dokumen RDKK sangat penting sebagai satu-satunya acuan bagi petani dan stake holder dalam proses penebusan pupuk bersubsidi di Kios Pupuk Lengkap (KPL). Disperpa sebagai Dinas Teknis menurutnya memiliki peran strategis untuk mengamankan proses distribusi dan penebusan pupuk bersubsidi supaya tepat sasaran (petani yang tergabung dalam poktan, red). Hal ini mengingat disparitas harga pupuk bersubsidi sangat besar sehingga bila tidak dikontrol dengan dokumen RDKK, pemerintah RI akan terlalu banyak menanggung beban subsidi pupuk yang tidak perlu bagi petani besar yang tidak masuk kriteria. Apalagi sejak tahun 2016 sudah ada dukungan adanya Perda dan Pergub Jawa Tengah tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani. “Sekarang coba kita lihat perbandingan harga antara harga urea subsidi Rp 1.800/kg dengan harga urea non subsidi yang di kisaran Rp 5.000/kg. Disparitasnya khan cukup besar, hampir 300%. Kalau tidak kita kawal mulai dari tahap penyusunan RDKK. berapa besar kerugian negara yang ditimbulkan dari penjualan pupuk yang tidak tepat sasaran. Tapi untunglah sekarang sudah ada Kartu Tani,”tandasnya. (among_wibowo,red)