Animo Tanaman Hias Meningkat, Disperpa Gelar Klinik Konsultasi Agribisnis Gratis dan Penjualan Tanaman di CFD Rindam Magelang

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

MAGELANG- Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang pada hari minggu (31/3)di area Car Free Day (CFD) Rindam Magelang kembali menggelar Klinik Konsultasi Agribisnis (KKA) secara gratis dan penjualan tanaman hias. Stand pelayanan Disperpa berukuran 3 x 3 meter itu menyediakan sejumlah tanaman hias antara lain anggrek berbagai jenis dan ukuran, aglaonema, sansiveira, violces dan bougenville. Kegiatan ini diselenggarakan tak lepas dari semakin tingginya animo masyarakat Kota Magelang terhadap komoditas tanaman hias.

Pada kesempatan tersebut ratusan masyarakat pencinta tanaman hias mengunjungi stand Disperpa untuk membeli tanaman hias atau sekedar berkonsultasi budidaya dan pemasaran tanaman. Pengunjung berasal dari segenap penjuru Kabupaten dan Kota Magelang. Pengunjung stand juga berkesempatan memperoleh brosur atau leaflet budidaya tanaman hias seperti anggrek dan tanaman hias lainnya. KKA diharapkan dapat memberikan solusi, menambah wawasan dan pengetahuan budidaya tanaman bagi hobiis ataupun pelaku usaha agribisnis di Kota Magelang.

Salah satu pengunjung, sebut saja Dedy menyatakan senang dapat berkonsultasi langsung dengan pakar tanaman Disperpa Kota Magelang. “Alhamdulillah dapat konsultasi dengan ahlinya, sehingga saya tidak gamang lagi untuk mengatasi permasalahan budidaya anggrek saya terutama pengendalian hama dan penyakitnya,”ujarnya.

Kepala Disperpa, Eri Widyo Saptoko menyatakan Disperpa menjadikan momentum CFD untuk menggiatkan aktivitas pelaku usaha agribisnis dan hobiis tanaman hias di Kota Magelang. Disperpa secara rutin dan bergantian melakukan penjadwalan antar bidang di Disperpa untuk menggelar KKA secara gratis. “Jadi mengingat di Disperpa ada 3 bidang (pertanian, peternakan dan perikanan, dan pangan), setiap ada jadwal untuk Dinas kami, setiap Bidang mendapatkan giliran untuk mensukseskan kegiatan CFD ini,”tegasnya.

Sementara itu Kabid Pertanian, Agus Dwi Windarto menyatakan dalam CFD kali ini tugas Bidang Pertanian untuk melaksanakan kegiatan di stand Disperpa. Pihaknya menyediakan anggrek Phalaenopsis, anggrek Dendrobium, anggrek Vanda tricolor, Aglaonema, Sansiveira, Violces dan Bougenville. Komoditas-komoditas ini dikatakannya mempunyai nilai ekonomi tinggi dan bila ditekuni sebagai usaha pertanian (agribisnis) akan dapat meningkatkan pendapatan para pembudidaya tanaman hias di Kota Magelang. “Tadi kita lihat sendiri banyak sekali masyarakat yang tidak hanya konsultasi tetapi juga memborong sejumlah anggrek dan tanaman hias lainnya. Artinya bisnis ini semakin menggiurkan. Apalagi Kota Magelang saat ini juga sedang mengembangkan konsep urban farming (pertanian perkotaan) untuk memanfaatkan sejumlah lahan sempit yang dimiliki masyarakat,”tandasnya.

Terinformasi bagi hobiis yang mau berkonsultasi atau membeli tanaman hias, dapat mengunjungi Disperpa di Jalan Kartini atau Kebun Bibit Senopati di Jalan Panembahan Senopati Kota Magelang. Saat ini juga sudah ada sejumlah pelaku usaha baik kelompok maupun perorangan binaan Disperpa yang sudah eksis dan membangun jejaring usaha dengan pelaku usaha di Kota Magelang maupun wilayah sekitarnya. Disperpa Kota Magelang sejak beberapa tahun lalu sudah melakukan fasilitasi terhadap Koperasi Tanaman Hias Kota Magelang. Mereka disediakan stand di area Kebun Bibit Senopati dan setiap hari melakukan transaksi penjualan tanaman hias secara langsung dengan konsumen tanaman hias. Adapun jadwal buka stand tanaman hias di Kebun Bibit Senopati mulai pagi hingga sore hari. (among_wibowo, red)