Pertajam Prestasi, Republik Terwelu Rengkuh 6 Gelar ISS di Yogyakarta

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

MAGELANG-Republik Terwelu, komunitas kelinci binaan Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang kembali meraih 6 gelar Indonesia Speciality Show (ISS) di Yogyakarta. Lomba yang digelar di Jogja City Mall pada minggu lalu (21/04) itu diikuti lebih dari 80 peserta dari Yogyakarta, Magelang, Solo, Semarang dan Sukoharjo. Adapun juri lomba terdiri dari 5 Juri Nasional yaitu Septian Puguh, Wibowo, Adi Rosdiantoro, Adhisuryo Wibowo dan Purwo. Tema lomba kali ini adalah Lounching Indonesia Speciality Show dengan 5 kelas lomba kelinci antara lain Nederland Dwarf, Holland Loop, Rex, New Zealand dan Flemish Giant.

Septian Puguh sebagai pioneer ISS, mengungkapkan bahwa lomba ini sebagai babak baru dalam lomba perkelincian di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu komunitas-komunitas kelinci yang ada untuk melombakan jenis-jenis kelinci yang ada, seperti event WCC di Amerika Serikat. “Harapan kami antar komunitas menjadi lebih rekat dan guyup, secara bisnis dapat lebih berkembang,” ujarnya.

Seperti diketahui, dalam ISS kali ini 3 orang anggota Republik Terwelu meraih 6 gelar yaitu Fuad Muchanafi (warga Trunan) untuk kategori New Zealand (2 Best Of Opposite), Aryono Septa (warga Sanggrahan) untuk kategori Flemish Giant (2 Best Of Breed) dan Anang (warga Pakis) untuk kategori Flemish Giant (2 Best Of Opposite). Terkait prestasi tersebut, Fuad Muchanafi, salah satu pemenang lomba, menyampaikan terima kasih kepada komunitas yang selalu mendukung perjuangannya. “Tanpa dukungan komunitas niscaya hasil ini dapat menjadi langkah maju untuk kelinci Kota Magelang,"tukasnya.

Salah satu pemenang lomba lainnya, Aryono Septa menuturkan dalam even ini terbukti sekali lagi kualitas kelinci Magelang sangat luar biasa, sehingga menjadi motivasi untuk teman teman. Dia juga mengajak hobiis kelinci di Kota Magelang untuk tidak ragu beternak kelinci. "Beternak kelinci itu mudah, asal berangkat dari niat yang baik dan dilakukan dengan passion,” katanya.

Para pemenang lomba sepakat bahwa ilmu-ilmu yang pernah diperoleh dalam pelatihan-pelatihan di Disperpa menjadi penunjang yang sangat penting dalam mempersiapkan kelinci untuk lombaa. “Alhamdulilah ilmu yang sudah disampaikan Disperpa melalui pelatihan-pelatihan sangat berguna bagi kami, dalam memperkuat mental dalam berkompetisi dan sebagai ajang pembuktian bagi kami,"tandasnya mewakili sejumlah rekan-rekan komunitas Republik Terwelu

        Dihubungi terpisah, Sugiyanto, Kasi Peternakan pada Bidang Peternakan Disperpa Kota Magelang mengatakan turut bangga atas prestasi yang diraih binaannya. Pihaknya akan semakin fokus mendukung aktivitas komunitas Kelinci Kota Magelang untuk menghasilkan kelinci-kelinci berkualitas dan meraih prestasi yang lebih tinggi demi mengharumkan nama Kota Magelang di kancah nasional,”katanya. (amw, red)