Gelar Jumat Sehat, Ratusan Karyawan Disperpa Jalan Pagi Untuk Solidkan Team Work dan Kuatkan Chemistry

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

MAGELANG- Memasuki semester II pelaksanaan program dan kegiatan tahun anggaran 2019, keluarga besar Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang hari jumat (12/07) melaksanakan jalan pagi bersama dengan rute terdekat (jalan Kartini-jalan Veteran-jalan Diponegoro). Kegiatan yang dikuti ratusan pegawai PNS dan THL di lingkup Disperpa itu dimaksudkan untuk mempersolid team work dan memperkuat chemistry (ikatan emosional, red) lintas Bidang maupun antar karyawan di Disperpa.

Kepala Disperpa, Eri Widyo Saptoko pada apel pagi sebelum dilaksanakannya jalan pagi mengharapkan kegiatan jalan sehat atau yang sejenis dapat dikembangkan di sela-sela kesibukan bekerja. Terkadang, lanjutnya, kita sebagai pegawai ini terlalu sibuk bekerja hingga lupa lingkungan di sekitarnya. “Oleh karena itu, saya mengajak Bapak, Ibu dan saudara-saudara semua untuk mengembangkan budaya salam dan sapa serta menumbuhkan aura yang positif kepada rekan kerja maupun masyarakat yang dilayani dan lingkungan di sekitarnya, “ujarnya di hadapan peserta apel pagi Disperpa.

Pada kesempatan apel pagi, Eri juga berbagi cerita kunjungannya di Kampung Adat Samin di Kabupaten Blora. Dia mengatakan meskipun adat Samin dikenal relatif tertutup, tapi bila dilihat dari dekat masyarakat Samin sebenarnya sangat pandai dan maju dalam mengelola sektor pertanian. Mereka sudah menerapkan Integrated Farming secara mandiri. Setiap Keluarga di kampung Samin mengelola pertanian padi sawah, jagung dan ternak kambing. Adapun kolam ikan dan ternak sapi dikelola secara bersama-sama di kandang komunal. “Hasil panenan diprioritaskan untuk konsumsi keluarga, kalaupun ada sisa baru dijual ke luar,”ceritanya.

      Dikatakannya, kunjungan ke kampung adat Samin membuktikan bahwa ibarat sebuah baterai HP atau perangkat elektronik lainnya, manusia itu perlu dicharge dengan wawasan, kegiatan maupun pengalaman baru di luar core business (pekerjaan inti, red) misalnya dengan melakukan kegiatan olahraga maupun kegiatan sosial bersama rekan kerja di kantor. Hal ini penting mengingat sebagian besar waktu para karyawan sudah banyak dihabiskan di kantor, sehingga ada resiko mengalami kejenuhan. "Kelihatannya sepele namun penting untuk memperkuat chemistry antar karyawan. Bahkan bila diperlukan kegiatan out bound bisa dilaksanakan secara reguler sebagaimana di perusahaan-perusahaan swasta dan BUMN,”ungkapnya sambil mengingat kembali kesuksesan pelaksanaan outbound Disperpa tahun 2018 di wilayah Sleman. (among_wibowo, red)