AKI Masih Rendah, Forikan Kota Magelang Gelar Pelatihan Pada Kampanye Gemarikan Bagi Kader PKK

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

MAGELANG - Ketua TP PKK Kota Magelang, Yetty Biakti kemarin (24/07) membuka pelatihan pada Kegiatan Kampanye Gemar Makan Ikan (Gemarikan) bagi kader PKK se-Kota Magelang tahun 2019 di Kebun Bibit Senopati (KBS) Magelang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para kader PKK tentang pentingnya mengkonsumsi ikan, terutama untuk kesehatan tulang manusia. Selain itu diharapkan dapat menambah pengetahuan dan ketrampilan ibu-ibu dalam mengolah ikan menjadi aneka ragam olahan. Kegiatan yang dihadiri ratusan peserta dari unsur Dinas Kelautan dan Provinsi (DKP) Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang, Darma Wanita se-Kota Magelang dan Forikan Kota Magelang itu terselenggara melalui kegiatan Pengembangan Logistik, Bina Mutu dan Diversifikasi Produk Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2019.

Dalam sambutannya, Yetty Biakti yang juga istri Walikota Magelang sekaligus Ketua Forikan Kota Magelang itu menekankan perlunya pelatihan pada kampanye Gemarikan untuk menambah wawasan dan pengetahuan seputar olahan hasil perikanan, lengkap dengan komposisi gizi yang terkandung di dalamnya. “Nantinya saya berharap para peserta dapat menerapkan pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh dari acara ini untuk dapat dikembangkan menjadi usaha yang produktif dan menguntungkan,”ujarnya.

Selain itu, Yetty juga menekankan pentingnya kegiatan Kampanye Gemarikan di Kota Magelang khususnya bagi anak-anak usia balita hingga usia sekolah. Hal ini sebagai bagian upaya penanaman kesadaran sejak dini tentang arti pentingnya makan ikan bagi kesehatan dan kecerdasan. “Kampanye Gemarikan masih sangat dibutuhkan dan akan terus kita gelorakan secara terus-menerus di Kota Magelang,”katanya.

Ditambahkannya, terkait kampanye Gemarikan, PKK mempunyai peran dalam pemberdayaan masyarakat, unsur penggerak pembangunan dan pilar keluarga sebagaimana tugas pokok yang dimilikinya. PKK, lanjutnya, harus menjadi aktor utama dalam mengajak dan menggerakkan keluarga dan lingkungan sekitarnya agar terbiasa dengan budaya makan ikan. Kampanye Gemarikan yang mengambil tagline “Ayo Makan Ikan Agar Sehat, Cerdas dan Kuat” itu juga diharapkan dapat meningkatkan AKI sehingga berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya para pelaku utama hasil perikanan.

Sementara itu Kepala Disperpa, Eri Widyo Saptoko melalui Sekretaris Disperpa, Susmiyati menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada DKP Provinsi Jawa Tengah yang telah mengalokasikan kegiatan Kampanye Gemarikan Tahun 2019 di Kota Magelang. Selanjutnya ia menjelaskan bahwa sesuai data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Angka Konsumsi Ikan (AKI) di Indonesia tahun 2017 baru mencapai 47 kg/kapita/tahun. Sementara itu AKI di Kota Magelang meskipun mengalami kenaikan, baru mencapai 23,25 kg/kapita/tahun. Angka ini pun masih di bawah AKI ideal untuk kesehatan yaitu lebih dari 31 kg/kapita/tahun. Apalagi dibandingkan dengan AKI negara tetangga, seperti Malaysia (70 kg/kapita/tahun), Korea (60 kg/kapita/tahun) dan Jepang (140 kg/kapita/tahun).

Sebagai upaya meningkatkan AKI, menumbuhkan kesadaran individu dan kelompok masyarakat tentang arti penting mengkonsumsi ikan, KKP menginisiasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) sejak tahun 2004. Kampanye Gemarikan, lanjutnya saat ini menjadi gerakan nasional yang dilaksanakan secara berjenjang hingga ke lapisan bawah masyarakat, termasuk di Kota Magelang. Kegiatan Gemarikan di Kota Magelang memiliki sasaran utama pada anak-anak usia balita hingga masa sekolah. Hal tersebut sebagai upaya penanaman kesadaran sejak dini tentang arti pentingnya makan ikan bagi kesehatan dan kecerdasan. “Dalam kesempatan ini kami berterima kasih kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah yang telah bekerjasama dengan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Magelang menggelar kegiatan kampanye Gemarikan untuk kader PKK se-Kota Magelang,”ungkapnya.

Adapun terkait kegiatan pelatihan, sejumlah peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dan berharap dapat mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilan mengolahikan di lingkungan keluarga dan sekitarnya. Dalam kesempatan ini peserta diberikan souvenir olahan ikan yang dapat dikonsumsi untuk hidangan keluarga di rumah.“Mudah-mudahan ilmu dari pelatihan pengolahan ikan ini dapat saya terapkan di rumah dan dilingkungan sekitar,”kata peserta yang enggan disebutkan namanya.

Terinformasi kegiatan kampanye Gemarikan bagi Kader PKK Kota Magelang ini disertai pelatihan dengan menghadirkan dua narasumber. Kedua narasumber adalah Dr. AinunNaim, Sp.OTdari RSUD Tidar Kota Magelang dan Chef Slamet Susilo dari Family Catering Temanggung. Ainun Naim memaparkan tentang manfaatikan bagi kesehatan tulang manusia dan nutrisi yang terkandung pada beberapa jenis ikan yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Sedangkan Chef Slamet Susilo menyampaikan materi tentang diversifikasi menu olahan ikan beserta praktik pembuatan 2 (dua) menu olahan, yaitu bola-bola ikan dan tempura ikan. (among_wibowo, red)