Preview Agri Flori Expo Ke-3: Diresmikan Walikota Magelang, Disperpa Siapkan Hadiah Puluhan Juta Rupiah Pada Kontes Aglaonema AFE 2019

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

MAGELANG-Perhelatan akbar Agri Flori Expo (AFE) 2019 di Gedung Ahmad Yani Magelang hari jumat-minggu, 20-22 September 2019 dipastikan berlangsung semarak dan meriah. Tak kurang 23 stand kelompok tanaman hias binaan Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang, 27 stand multi produk dan 35 stand kuliner turut meramaikan kegiatan tahunan ini. Gelaran AFE 2019 pun terasa semakin istimewa karena direncanakan diresmikan langsung oleh Walikota Magelang, Sigit Widyonindito dan dihadiri sejumlah pejabat dari Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, pejabat di lingkup Pemerintah Kota Magelang dan para tokoh masyarakat, khususnya penggiat tanaman hias dan bunga di Kota Magelang.

Kepala Disperpa, Eri Widyo Saptoko saat didampingi Kepala Bidang Pertanian, Agus Dwi Windarto, menyatakan kesiapannya terkait perhelatan AFE yang ke-3. Disperpa Kota Magelang, lanjutnya, selaku pelaksana kegiatan sudah jauh-jauh hari melakukan persiapan dan koordinasi intensif dengan para stake holder pelaku usaha agribisnis tanaman hias dan bunga di sejumlah daerah di Pulau Jawa. “Insya Allah Disperpa sudah ready menghelat pelaksanaan AFE 2019 dan para stake holder, juga sejumlah komunitas tanaman hias dan bunga akan berusaha tampil all out dalam gelaran AFE tahun ini,”katanya.

Eri menjelaskan penyelenggaraan AFE yang ke-3 ini mengusung tema “Modernisasi Pertanian Kota Magelang Sebagai Upaya Mewujudkan Petani Yang Lebih Sejahtera”. Melalui penyelenggaraan AFE ini, Disperpa memberikan fasilitasi dan kesempatan bagi binaan Disperpa mulai dari pelaku budidaya dan usaha tanaman hias, tanaman anggrek, pembudidaya ternak, pembudidaya perikanan dan pengrajin olahan makanan produk pertanian untuk mempromosikan produk-produknya dengan konsep bursa dan pameran. Selain bursa dan pameran, kegiatan juga akan dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan lomba dan turnamen.”Harapan kami para pelaku usaha binaan Disperpa dapat meraup keuntungan dari transaksi jual beli secara maksimal dan memperluas jejaring pemasaran produknya,”tandasnya.

Ditempat terpisah, Kepala Seksi Prasarana dan Sarana Pertanian, Yhan NoercahyoWibowo menambahkan bahwa stand bursa dan pameran ini terdiri dari stand para pelaku usaha tanaman hias, tanaman anggrek, hidroponik, peternak kelinci, pelaku usaha aquascape, dan olahanlidahbuaya. Kegiatan ini dibuka untuk masyarakat umum mulai pukul 09.00 s/d 21.00 WIB tanpa dipungut biaya sama sekali alias gratis. Selain gratis, pengunjung juga akan diberikan bibit secara gratis setiap hari selama persediaan masih ada. Di AFE 2019, tutur Yhan, pengunjung dapat menyaksikan lomba-lomba pendukung kegiatan AFE 2019 antara lain Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), Lomba Merias, The Voice Magelang, Lomba Modern Dance Anak, Turnamen Mobile Legend dan Lomba Senam Sport For All. “Kegiatan dipastikan semakin menarik dengan kehadiran sejumlah youtubers di penutupan AFE,”ujarnya.

Menurut Yhan, puncak kegiatan yang tak boleh dilupakan adalah gelaran Kontes Aglaonema tingkat Nasional yang dilaksanakan pada hari minggu, 20 September 2019. Sejumlah peserta dari penjuru Indonesia dipastikan mengikuti kontes Aglaonema. Mereka yang hadir antara lain dari Jakarta, Bandung, Bogor, Medan, Kediri, Malang, Karanganyar, Salatiga, Ambarawa, Semarang, Sleman, Yogyakarta, Sumpyuh dan Cilacap.“Kontes Aglaonema akan memperebutkan total hadiah puluhan juta rupiah dengan door prize utama satu buah sepeda motor,”tandasnya. (among_wibowo, red)