Peringati World Rabies Day di CFD Rindam, Disperpa-PDHI Jateng 3 Gelar Penyuluhan dan Vaksinasi Rabies Gratis

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

MAGELANG- Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang melalui UPT Klinik Hewan dan Lab Keswan hari minggu (29/09/2019) menggelar kegiatan penyuluhan dan vaksinasi rabies gratis di even Car Free Day (CFD) Rindam Magelang. Ratusan pengunjung secara bergantian memadati stand Disperpa untuk sekedar mendengarkan penyuluhan, berfoto booth atau bahkan mengantri vaksinasi rabies untuk hewan kesayangannya. Kegiatan dimaksudkan untuk memperingati World Rabies Day Tingkat Kota Magelang yang jatuh sehari sebelumnya, tepatnya tanggal 28 September 2019. Dalam kegiatan ini Disperpa bekerjasama dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Wilayah 3 Jawa Tengah.

Kepala Disperpa, Eri Widyo Saptoko dalam pointer yang disampaikan Kepala UPT Klinik Hewan dan Lab Keswan, Heru Trisusila menyatakan kegiatan ini untuk mendukung program provinsi Jawa Tengah bebas penyakit rabies. Pelaksanaan vaksinasi rabies di CFD Rindam kali ini melibatkan12 orang Dokter Hewan dari PDHI Wilayah 3 Jateng dan 10 orang tim Puskeswan Kota Magelang. Terinformasi hari ini (minggu, 29 September 2019) Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga melaksanakan kampanye Jawa Tengah Bebas Rabies di CFD Semarang.

Selanjutnya Heru menegaskan bahwa kegiatan penyuluhan tentang penyakit rabies itu untuk mengedukasi warga masyarakat di Kota Magelang. Pihaknya merasa perlu mendidik anak-anak agar memahami dan mewaspadai rabies sebagai salah satu penyakit zoonosis dalam memelihara hewan. Pun halnya dengan kegiatan vaksinasi rabies gratis. Mengingat pentingnya penanganan penyakit rabies, Disperpa melalui UPT Lab Klinik Hewan dan Lab Keswan menyediakan vaksinasi hingga 200 dosis. "Namun karena keterbatasan waktu di CFD kemungkinan tidak semuanya terlayani di CFD,”ujarnya.

Heru menambahkan hingga pukul 10.00 WIB pelaksanaan CFD, karena keterbatasan waktu pihaknya baru menyelesaikan pelayanan vaksinasi rabies untuk 88 ekor hewan kesayangan. UPT Klinik Hewan dan Lab Keswan yang sedang mengikuti Lomba Abdi Bhakti Tani itu akan melanjutkan pelayanan vaksinasi rabies gratis di gedung Puskeswan, Jalan Pahlawan Kota Magelang. Secara rinci ia menjelaskan dari 88 ekor hewan kesayangan yang telah divaksinasi rabies terdiri dari 51 ekor kucing (31 ekor jantan, 20 ekor betina), 12 ekor anjing (8 ekor jantan, 4 ekor betina), 1 ekor kera jantan dan 1 ekor musang. “Mengingat animo masyarakat yang tinggi sementara waktu terbatas, untuk sisa kuota akan kami layani di Puskeswan Kota Magelang hingga target 200 dosis terpenuhi,”imbuhnya. (among_wibowo, red).