Hadirkan Juri Internasional, Kontes Nasional Kucing di Kota Magelang Sukses Pecahkan Rekor Peserta

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

MAGELANG– Sekretaris Daerah Kota Magelang, Joko Budiyono hari minggu (17/11/2019) secara resmi membuka perhelatan Kontes Nasional Kucing Tahun 2019 di Gedung Bumi Kyai Sepanjang, kawasan Jl. Kartini Kota Magelang. Kontes bertajuk “Cat Show : Resik Kutane, Sehat Kucinge” itu sukses mendatangkan 146 peserta dari dalam dan luar daerah. Kegiatan kontes hasil kerjasama Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang dan Forum Komunikasi Dokter Hewan Indonesia itu juga dimeriahkan sejumlah kegiatan antara lain Cat Fun (lomba makan, Lomba lari, lomba berat badan (non steril dan steril, kecuali Maine Coon) dan lomba panjang ekor) dan kegiatan penunjang seperti vaksinasi rabies gratis, vaksinasi tri cat bersubsidi, bazar produk sponsor dan lomba mewarnai dan melengkapi gambar anak-anak. Kegiatan dihadiri sejumlah perwakilan OPD lingkup Pemerintah Kota Magelang dan para hobiis kucing dari dalam dan luar daerah.


 

Dalam kesempatan itu Joko Budiyono menegaskan Pemerintah Kota Magelang mengapresiasi antusiasme peserta dari luar daerah. Menurutnya hal ini sejalan dengan semangat pemerintah dalam mendatangkan lebih banyak lagi tamu dari luar daerah. “Kontes ini tidak main-main, selain tingkatnya nasional, juga mendatangkan juri dari luar negeri. Tahun depan harus lebih besar lagi, untuk itu hadiahnya nanti akan ditingkatkan agar minat peserta dari luar daerah lebih besar lagi,” ungkapnya.

 

 

Ia menilai kontes ini juga sebagai upaya meningkatkan kepedulian terhadap makhluk hidup, alam, dan lingkungan. Kota Magelang, lanjutnya, memang tidak memiliki sumber daya alam (SDA) yang bisa diandalkan. Maka yang diutamakan pemerintah saat ini adalah jasa dan Kota Magelang sebagai Kota Jasa pun terus digaungkan sampai saat ini. “Kontes ini sangat potensial untuk mendukung Kota Jasa. Karena itu untuk mendatangkan peserta lebih banyak lagi di tahun 2020 hadiahnya harus dinaikkan secara signifikan,” katanya.

 

 

Sementara itu Kepala Disperpa, Eri Widyo Saptoko mengatakan kebanggaannya jumlah 146 peserta yang hadir melebihi target awal yang hanya 100 peserta. Menurutnya antusiasme yang tinggi dalam even kali ini hampir mendekati prestasi event serupa yang diadakan di Jogja dengan 150 peserta. “Tentu membanggakan dan menjadi tahap pemanasan untuk penyelenggaraan even serupa yang lebih baik tahun depan. Hal ini penting untuk mendukung program Ayo ke Magelang 2020 dengan tagline Magelang Moncer Serius yang ditargetkan akan banyak mendatangkan wisatawan,” jelasnya.

 

 

Eri menceritakan peserta kontes kali ini datang dari berbagai daerah di Indonesia. Antara lain Banten, Bandung, Malang, Surabaya, Kediri, DI Yogyakarta, Pemalang, Solo, Semarang, dan Magelang Raya. Adapun juri Kontes Nasional Kucing ada 2 kesemuanya juri bertaraf  internasional. Mereka adalah Fadly Fuad (Bandung, Indonesia) dan Mr. Istzy Ratanawerawong (Thailand). Para peserta berlomba di 2 kelas dengan 6 kategori berbeda. Mereka memperebutkan hadiah berupa trofi, roset, dan uang pembinaan total jutaan rupiah,” katanya.

 

       Ia menambahkan kontes kucing diharapkan dapat menggali potensi dan upaya pembinaan bagi para pecinta hewan lucu ini. Disebutkannya, ada sekitar 20 cat shop di Kota Magelang yang perlu mendapat pembinaan agar bisa berkembang.“Kucing itu hewan yang unik dan punya sifat lucu. Tidak berlebihan bila pemerintah memfasilitasi event kontes ini karena jugaberpotensi untuk mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya ke Kota Magelang,” imbuhnya. (among_wibowo, red)