Disperpa Kota Magelang Gelar Lomba Kelembagaan dan Lomba LTT Ke-5, Pokdakan TMB Tidar Selatan Sukses Kangkangi Juara I

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

MAGELANG – Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang hari sabtu (23/11/2019) menggelar Lomba Kelembagaan Pelaku Utama Perikanan dan Lomba Lantip, Trampil dan Trengginas (LTT) ke-5 di lingkungan RT 3 RW 8 Kelurahan Panjang, Kecamatan Magelang Tengah. Tampil sebagai Juara I adalah Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Tidar Manfaat Barokah (TMB) Kelurahan Tidar Selatan yang berhasil mengungguli 20 Pokdakan dan Poklahsar lainnya. Kegiatan dihadiri sejumlah perwakilan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Magelang. Antara lain Disperkim, BPMPKB, Dinas Lingkungan Hidup, Kecamatan Magelang Tengah, Kelurahan Panjang dan sekitar 100 peserta dari kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) dan kelompok pengolah dan pemasaran (poklahsar) se-Kota Magelang.

Dalam kegiatan ini Kadisperpa bersama Kepala Kelurahan Panjang melakukan peresmian dan penyerahan sertifikat kelas kelompok pemula kepada pokdakan Mina Lestari RT 3 RW 8 Kelurahan Panjang. Disela-sela kegiatan juga dimeriahkan dengan penampilan grup band Fourmen Plus dari Bogeman Wetan Kelurahan Panjang.

Kepala Disperpa, Eri Widyo Saptoko mengatakan bahwa Lomba Kelembagaan Kelompok dan Lomba Lantip, Trampil, Trengginas Tingkat Kota Magelang tahun 2019 merupakan salah satu kegiatan Disperpa yang mendukung program Ayo Ke Magelang Jilid 2 sekaligus dalam rangka peringatan Hari Ikan Nasional tahun 2019. Disperpa, lanjutnya, menyambut baik diselenggarakannya kegiatan lomba kelembagaan kelompok Tingkat Kota Magelang ini. “Kegiatan lomba yang diikuti oleh peserta dari berbagai kelompok, antara lain kelompok pembudidaya ikan, kelompok pengolah dan pemasaran perikanan dan kelompok masyarakat lainnya,”paparnya.

Eri menjelaskan kegiatan ini selain sebagai wadah membangun jejaring antar sesama pelaku utama perikanan juga menjadi sarana yang efektif dalam pembinaan dan pengembangan kelompok perikanan. Selain itu untuk memotivasi masyarakat akan pentingnya berkelompok. “Dengan berkelompok, para anggota dapat difasilitasi dalam sarana produksi, penyediaan permodalan (Kredit Mikro dan KUR) dan penyediaan informasi secara kolektif,”ujarnya.

Ditambahkannya, pembangunan sektor perikanan di Kota Magelang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para pelaku utama perikanan, khususnya budidaya ikan air tawar. Menurutnya tingkat konsumsi ikan per kapita pertahun yang masih rendah, perlu terus ditingkatkan dengan kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). “Selain itu harus terus diimbangi dengan peningkatan produksi dan produktivitas perikanan di Kota Magelang. Dan pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Magelang,”jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Eri menghimbau wilayah Kelurahan yang masih memiliki potensi pengembangan perikanan untuk bersinergi dengan Disperpa Kota Magelang. “Ayo kita bareng-bareng mengoptimalkan aset-aset yang masih kita miliki. Jadi walaupun potensi sektor perikanan kecil, tetap perlu terus dioptimalkan untuk usaha budidaya sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para pelaku utama perikanan,”tandasnya.

Terpisah Kepala Bidang Peternakan dan Perikanan, Hadiono, menuturkan tujuan kegiatan lomba kelembagaan dan lomba LTT ke-5 adalah untuk memberikan apresiasi kepada kelompok pelaku perikanan atas peran sertanya dalam upaya pengembangan kelompok perikanan sehingga dapat menjadi contoh bagi kelompok perikanan lainnya. Ia menyampaikan Lomba Kelembagaan dan Lomba LTT ke-5 tahun 2019 menyediakan total hadiah senilai Rp 9 juta. “Nantinya ada Juara I hingga Juara Harapan III. Semoga dapat lebih memotivasi para pelaku utama perikanan di Kota Magelang,”harapnya.

Terinformasi lomba diawali dengan Lomba Kelembagaan Pelaku Uttama Perikanan yang meliputi penilaian administrasi(aspek teknis, ekonomi, sosial dan inovasi) dan wawasan kelompok. Kemudian dilanjutkan dengan lomba Lantip, Trampil dan Trengginas (LTT) yang terdiri dari 4 jenis lomba mulai dari Pos 1 hingga Pos 4. Tak kurang dari 21 peserta turut meramaikan lomba tahunan ini. Dewan Juri berasal dari internal Disperpa antara lain Agus Dwi Windarto, Sam Wahyono dan Among Wibowo.

Setelah melalui seluruh sesi lomba dan proses penjurian yang sangat ketat, akhirnya pokdakan Tidar Manfaat Barokah (TMB) dari Tidar Dudan Kelurahan Tidar Selatan berhasil tampil sebagai Juara I. Secara lengkap juara lomba dalam Lomba Kelembagaan Pelaku Utama Perikanan dan Lomba LTT ke-5 Tahun 2019 sebagai berikut :

Juara I                    Tidar Manfaat Barokah (TMB) dari Tidar Selatan

Juara II                   Raos Mino dari Kelurahan Gelangan

Juara III                  Mina Lestari dari Kelurahan Panjang

Juara Harapan I     Nusa Indah 3 dari Kelurahan Jurangombo Utara

Juara Harapan II    Mina Cikal Sari dari Kelurahan Wates

Juara Harapan III   Mina Arum Sari dari Kelurahan Kedungsari

Keenam juara berhak atas Trophy, Piagam dan Uang Pembinaan dari Disperpa Kota Magelang. Selamat bagi para pemenang. (among_wibowo, red)