Viral : Sukseskan Moncer Serius, Ada Selfie Spot Diantara Merekahnya Bunga Kuku Macan Pergola KBS Kota Magelang

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

MAGELANG- Kebun Bibit Senopati (KBS) Kota Magelang seminggu ini setiap harinya ramai menerima kunjungan masyarakat dari dalam dan luar Kota Magelang. Penyebabnya tak lain karena viral Selfie Spot di area pergola di atas jembatan KBS. Perpaduan warna hijau daun dan merekahnya bunga eksotis merah jingga dari tanaman Kuku Macan (Mucuna bennettii) yang menghiasi Pergola KBS sepanjang 40 meter itu memang sangat menarik dan sedap dipandang mata. Tak heran bila ratusan pengunjung yang datang rela antri untuk sekedar berfoto selfie dengan background bunga merah jingga di pergola KBS.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang, Eri Widyo Saptoko mengungkapkan momentum mekarnya bunga tanaman kuku macan di pergola KBS selama 2-3 minggu ke depan diharapkan dapat mendukung program Ayo Ke Magelang dengan tagline MONCER SERIUS. Mudah-mudahan masyarakat dari dalam dan luar Kota Magelang semakin tertarik untuk mengunjungi Kebun Bibit Senopati (KBS). “Di KBS, selain berfoto selfie, pengunjung dapat belajar atau edukasi perbanyakan sejumlah tanaman hias,”katanya.

Ditambahkannya sejauh ini jumlah pengunjung KBS khususnya dari sekolah-sekolah semakin meningkat, ribuan dalam seminggu. Fenomena ini sangat menggembirakan karena selain mampu mendukung “Ayo Ke Magelang”, asa untuk menumbuhkan generasi millenial pertanian di Kota Magelang masih ada, meskipun pada kashirnya tak hanya menggeluti sektor pertanian pangan saja. Terkait mekarnya bunga tanaman Kuku Macan, Eri mempersilakan penyuka foto selfie untuk hadir langsung membuktikan keindahan bunga asal Papua itu. “ Saya jamin pasti puas berfoto di sini (area Pergola KBS) karena warna dan bentuk bunganya sangat menarik. “Segera saja berkunjung ke KBS karena waktu bunga mekar juga tak lama, hanya 2-3 minggu saja” pungkasnya.

Terinformasi dari berbagai sumber, Mucuna bennettii di Indonesia dikenal sebagai tanaman bunga kuku macan. Tanaman bunga kuku macan memiliki banyak sebutan antara lain red jade vine, flame of Irian, flame of Guinea atau New Guinea creeper. Namun demikian masyarakat Thailand lebih akrab menyebutnya sebagai puang ko mane. Bunga ini diketahui banyak terdapat di Papua New Guinea meskipun aslinya datang dari Polinesia.

Tanaman bunga kuku macan merupakan tanaman perdu berkayu yang tingginya dapat mencapai 30 meter. Dengan batang yang keras, daun yang lebat berbentuk daun majemuk yang terbagi ke dalam 3-5 helai dalam satu tangkai serta pertumbuhannya yang cepat membuatnya sangat layak menjadi idola tanaman penghias pergola. Ditambah lagi dengan bunga majemuknya yang menyerupai tandan dimana setiap tandan memiliki lebih dari 50 kuntum berwarna merah jingga, membuat pergola itu bak digantungi lampion cerah merah jingga.

Berbunga 2 kali dalam satu tahun, untaian bunga kuku macan memiliki keistimewaan tidak mudah layu. Bunga flame of irian Mucuna bennettii terlihat seperti nyala api dengan warna jingga kemerahan. Bunga tersusun dalam tandan sepanjang 30 – 50 cm dan menggantung dari atap pergola. Setelah semua bunga rontok, kuncup-kuncup bunga mulai bermunculan.. Jika sedang berbunga, puluhan tandan bunga serempak memamerkan keindahannya. Yang istimewa, bunga awet mekar hingga 3 minggu. Kuntum-kuntumnya yang menyerupai kuku macan bisa dipastikan setangguh dan sekuat kuku Panthera tigris, sebutan macan dalam bahasa latin.

Tanaman ini dapat tumbuh di ekosistem terbuka dengan cahaya matahari penuh ataupun di lokasi yang agak terlindung. Di alam terbuka tanaman bunga kuku macan memiliki varian lebih dari 100 species. Namun dari segi keindahan warna kuntum bunganya, hanya ada 2 varian bunga kuku macan yang menarik, yaitu warna merah jingga (Mucuna benetii) dan warna hijau kebiruan (Strongylodon macrobotrys). Tanaman bunga kuku macan bisa tumbuh di semua kondisi dan berbunga setidaknya pada ketinggian minimal 300 m dpl. Proses pertumbuhannya umumnya dengan cara memanjat/merambat pada pohon tinggi sehingga bunganya bakal menggantung lebih indah. 

     Dari aspek pemanfaatan, tanaman bunga kuku macan selain bermanfaat dalam implementasi lanskap/taman, juga indah dan menarik sebagai penghias pergola atau tanaman rambat di pepohonan besar dan tinggi. Proses pemangkasan daun sangat perlu dilakukan agar terjadi pergantian pucuk, menjaga tanaman tidak terlalu rimbun terlebih, yang akhirnya berpotensi menghalangi proses pembungaan. Sangat penting diketahui bahwa cara perbanyakan tanaman bunga kuku macan hanya dapat dilakukan dengan biji atau cangkok. (among_wibowo, red)