Disperpa-STMM Yogyakarta Gelar Pelatihan Produksi Audio Visual di Tengah Pandemi Covid 19

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

MAGELANG – Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta kamis (04/06/2020) menggelar pelatihan audio visual bagi pelaku utama perikanan dan penyuluh perikanan Kota Magelang. Pelatihan berlangsung secara video conference melalui aplikasi Zoom. Kegiatan yang diikuti belasan peserta itu dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi para pelaku utama perikanan seperti pembudidaya, pengolah dan pemasar produk perikanan dalam inovasi berbasis multimedia untuk mendukung pengembangan unit usaha yang dikelola masing-masing peserta.

Kepala Disperpa, Eri Widyo Saptoko dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Diisperpa, Agus Dwi Windarto mengapresiasi pelaksanaan kegiatan pelatihan secara online itu. Sebagai lembaga, lanjutnya, kami mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta; khususnya Program Studi Animasi atas alokasi kegiatan Pengabdian Masyarakat yang disediakan khusus kepada pelaku utama perikanan di Kota Magelang. “Di tengah kondisi pandemi Covid 19 yang kurang menguntungkan kita perlu terus berinovasi meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan untuk kemajuan usahanya, terutama melalui teknologi berbasis internet,”paparnya.

Selanjutnya, Agus juga mengharapkan para peserta setelah dilatih bisa lebih serius dalam menerapkan pengetahuan dan ketrampilan teknologi berbasis internet yang diperolehnya untuk memperluas upaya promosi produk dan jejaring pemasaran melalui e commerce. “Peserta dapat membuat profil usaha atau profil kelompok lebih komunikatif, dapat di viralkan melalui saluran sosmed, youtube dan sejenisnya,”tandasnya.

     Di tempat terpisah Kasi Perikanan, Windo Atmoko menambahkan kegiatan ini terselenggara hasil kerjasama Disperpa dengan Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta. STMM Yogyakarta atau akrab dikenal dengan MMTC itu memberikan alokasi khusus kegiatan Pengabdian Masyarakat untuk para pelaku perikanan di Kota Magelang. Peserta yang berjumlah belasan orang itu merupakan anggota Masyarakat Perikanan Kota Magelang (MPKM). Adapun materi pelatihan yang disampaikan narasumber dari MMTC antara lain Pemutaran Video MPKM, Penulisan Naskah, Pengoperasian Kamera, Motion Graphic Logo, Editing Audio Visual dan Diskusi. “Alhamdulillah peserta semangat menimba pengetahuan berbasis IT itu, semoga berkah dan membawa kemajuan untuk usaha mereka,”harapnya. (among_wibowo, red)