Tanggulangi Dampak Covid 19, Safari Gemarikan Komisi IV DPR RI – KKP Ke Disperpa Bagikan 500 Paket Bantuan Gemarikan

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

MAGELANG – Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang sabtu (06/06/2020) di aula Disperpa, Jl. Kartini No.3 Magelang, menggelar Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Tak tanggung-tanggung, kegiatan yang menjadi program nasional Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) itu dihadiri sejumlah tamu penting negara antara lain Vita Ervina (anggota Komisi IV DPR RI), Widya Rusyanto (Kepala Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan/BBPPHP KKP), Fendiawan Tiskiantoro (Kepala Dinas KKP Provinsi Jawa Tengah), Stin Sahyutri (Ketua Komisi B DPRD Kota Magelang) dan sejumlah tamu undangan lainnya. Kegiatan dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan seperti pakai masker, cuci tangan pakai sabun dan physical distancing).
 
 
Kepala Disperpa, Eri Widyo Saptoko dalam sambutannya mengungkapkan Angka Konsumsi Ikan (AKI) di Kota Magelang masih perlu terus ditingkatkan. AKI Kota Magelang, lanjutnya¸   kurang lebih 24, 36 kg/kapita/tahun masih jauh dibawah AKI Provinsi Jawa Tengah (30,60 kg/kapita/tahun) dan AKI Nasional (56,39 kg/kapita/tahun). Sementara data Stunting di Kota Magelang menyebutkan masih ada 35 anak yang masuk kategori Stunting (gangguan pertumbuhan). “Disperpa akan terus berupaya untuk mendongkrak AKI dan menurunkan Angka Stunting di Kota Magelang. Salah satunya melalui Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) sehingga ada peningkatan konsumsi makan ikan di tingkatan masyarakat,”jelasnya.
Terinformasi permasalahan gizi disinyalir sangat berpotensi menurunkan kualitas hidup dan produktivitas masyarakat. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (2018), Indonesia saat ini masih menghadapi permasalahan gizi di masyarakat, antara lain kekurangan gizi (8%), kurus (10,2%) dan pertumbuhan stunting/kerdil (30,8%). Di Kota Magelang masih ada 35 anak yang masuk ke dalam kategori Stunting. Sehingga persoalan terkait AKI dan Angka Stunting masih perlu menjadi perhatian bersama para stakeholder baik di tingkat Pusat maupun Daerah.
 
 
Selain itu Eri juga mengapresiasi kegiatan pemberian 500 paket bantuan Gemarikan sebagai bentuk perhatian khusus dari Komisi IV DPR RI dan KKP kepada masyarakat Kota Magelang yang terdampak pandemi virus Corona. “Terima kasih sudah memberikan perhatian khusus dan paket bantuan kepada para pelaku usaha perikanan maupun masyarakat lainnya di wilayah kami. Semoga bantuan ini dapat sedikit meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi virus Corona,”pungkasnya.
 
 
Sementara itu Vita Ervina, anggota Komisi IV DPR RI, menyatakan pihaknya akan terus bersinergi dan mendorong Pemerintah Pusat dan Daerah sebagai mitra kerja untuk memperkuat program pembangunan kelautan dan perikanan termasuk di Kota Magelang. Vita berharap masyarakat dapat terus berinovasi memajukan usahanya sekaligus mendorong masyarakat lainnya untuk gemar makan ikan. Menurutnya manfaat gizi ikan yang begitu banyak harus dipahami oleh masyarakat sehingga mereka terdorong mengonsumsi ikan. “Dalam hal ini Kota Magelang secara wilayah juga masih sangat potensial untuk berkembang menjadi sentra produk olahan perikanan,”pungkasnya.
 
 
Terpisah, Widya Rusyanto, Kepala BBP2HP KKP mengatakan bahwa Safari Gemarikan tahun 2020 ini akan terus digalakkan di seluruh Indonesia. "KKP terus melakukan upaya peningkatan konsumsi ikan masyarakat melalui kampanye Gemarikan dengan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kandungan gizi dan manfaat ikan, menumbuhkan kreativitas dalam mengolah ikan untuk keperluan konsumsi dan usaha kuliner sebagai sumber pendapatan keluarga," terang Widya.
Widya menambahkan walaupun secara nasional AKI terus meningkat dari tahun ke tahun, namun tingkat konsumsi ikan tersebut tidak merata di semua wilayah di Indonesia, baik provinsi maupun antar kabupaten/kota. "Melalui kegiatan Safari Gemarikan, diharapkan pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat Kota Magelang dapat berperan aktif dalam menyukseskan Program Gemarikan dan menjadi agen perubahan dengan mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ikan, serta berperan dalam usaha produksi mulai dari budidaya, pengolah dan pemasar ikan," harapnya.
 
      
       Dalam kegiatan ini Komisi IV DPR RI dan KKP berkesempatan berkomunikasi langsung dengan pelaku usaha perikanan dan meninjau gelaran pameran mini produk olahan perikanan Kota Magelang. Kegiatan diwarnai pembacaan slogan “Ayo Makan Ikan agar Kuat, Sehat dan Cerdas” dan “Ayo Makan Ikan Lawan Covid 19”. Kegiatan ruang ditutup dengan penyerahan secara simbolis paket bantuan Gemarikan kepada perwakilan masyarakat yang terdampak pandemi Covid 19. Selanjutnya Tim Pusat dan Daerah langsung ke lokasi-lokasi untuk mendistribusikan dan menyerahkan paket bantuan Gemarikan kepada masyarakat. Paket bantuan yang terdiri dari abon lele, bandeng presto, pindang presto, rambak ikan, masker dan media informasi leaflet Gemarikan itu tuntas dibagikan ke 3 wilayah kecamatan di Kota Magelang. (among _wibowo, red)