Dorong ASN-THL Merdeka Berpikir, Kadisperpa: Semua Pelayanan Penting Wujudkan Visi dan Misi Walikota Magelang

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

MAGELANG-Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang hari selasa (14/07/2020) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) internal untuk meningkatkan koordinasi dan konsolidasi SDM Pertanian dalam rangka optimalisasi kinerja selama masa pemulihan dampak pandemi Covid 19. Kegiatan Rakor di aula Disperpa Jl. Kartini No. 3 Magelang. itu dipimpin langsung Kadisperpa dihadiri para pejabat struktural, pejabat fungsional dan puluhan THL lingkup Disperpa. Dalam kesempatan itu Kadisperpa mendorong ASN-THL untuk merdeka berpikir dan menggarisbawahi pentingnya semua pelayanan Disperpa kepada masyarakat untuk mewujudkan tercapainya Visi dan Misi Walikota Magelang dalam urusan pertanian. Selain itu disampaikan sejumlah agenda dan pengarahan Kadisperpa lainnya antara lain pelaksanaan kegiatan dan pembinaan personil ASN-THL.

Kadisperpa, Eri Widyo Saptoko menekankan pentingnya peran semua ASN dan THL dalam upaya membantu tugas Walikota Magelang di sektor pertanian. Pencapaian indikator kinerja Disperpa, lanjutnya, akan sangat membantu mewujudkan visi dan misi Walikota Magelang. Untuk itu Eri meminta para bawahannya untuk terus meningkatkan koordinasi dan konsolidasi antar lini, mewujudkan pelayanan prima tiada henti dan memperkuat pelaporan sebagai instrumen pengambilan keputusan. Semua lini pelayanan, lanjutnya, harus dapat berkontribusi terhadap kinerja Disperpa. “Semua pelayanan penting untuk mendukung Visi dan Misi Walikota dalam urusan pertanian, baik Puskeswan, Rumah Potong Hewan, Kebun Bibit Senopati maupun layanan lainnya.,”jelasnya.

Terkait pandemi Covid 19, Eri mengungkapkan Negara saat ini memang sedang prihatin dan terus fokus menangani Covid 19. Terinformasi belakangan terjadi tren peningkatan positif Covid 19 secara nasional, sehingga relatif belum safety untuk aktivitas publik. Menyikapi kondisi ini ia mendorong para ASN dan THL untuk menjaga kesehatan pribadi dan keluarga dengan tetap mengikuti protokol kesehatan sehingga tetap bisa fokus pada pekerjaan secara normal. “Sehingga tidak ada alasan secara fisik untuk tidak dapat melakukan aktivitas pekerjaan. Silakan waktunya diatur secara mandiri dan buat progress kegiatan selama era new normal ini,”tegasnya.

Eri yang juga mantan Kepala DKPT dan Kepala Kesbangpolinmas itu mengakui SDM Disperpa sangat potensial untuk terus maju dan berkembang. Di era medsos dewasa ini SDM Disperpa perlu senantiasa familiar dengan media sosial, namun tidak boleh melupakan interaksi sosial secara fisik. Ia mendorong para ASN dan THL Disperpa untuk terus menjaga integritas dan disiplin, meningkatkan profesionalisme, kreativitas dan inovasi dalam pekerjaan serta loyalitas pada pimpinan. “Saya membuka ruang untuk Bapak Ibu semuanya merdeka berpikir dan berpikir think outside the box agar kreativitas bisa tereksplorasi dengan baik,”paparnya.

         Ditambahkannya, estafet pekerjaan harus berkelanjutan agar tidak terjadi missing link (mata rantai yang putus, red). Untuk itu ia meminta SDM di Disperpa juga mulai berpikir kemudahan pekerjaan serta memperbanyak kajian dan diskusi terkait pekerjaan. Lebih lanjut Eri memotivasi puluhan stafnya agar tetap istiqomah pada pekerjaan meskipun pekerjaan itu tidak populer. “Lakukan inovasi pekerjaan yang bisa meningkatkan value diri dan organisasi,”tandasnya. (among_wibowo, red)