Wakil Walikota Magelang Buka Pelatihan Aquascape, Kadisperpa Genjot Penumbuhan WUB Aquascape

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

MAGELANG - Wakil Walikota (Wawali) Magelang K.H. Drs. M. Mansyur, M.Ag. didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa), Ir. Eri Widyo Saptoko, M.Si hari senin (28/3/2022) membuka kegiatan pelatihan Aquascape (Live Setting Aquascape) di Aula Disperpa Jl. Kartini Nomor 3 Magelang. Wawali menegaskan Pemerintah Kota Magelang terus berkomitmen untuk menumbuhkan Wira Usaha Baru (WUB) dalam bisnis Aquascape.Kegiatan pelatihan Aquascape yang digelar sesuai protokol kesehatan Covid-19 ini akan dilaksanakan selama 3 hari mulai 28-30 Maret 2022 dan diikuti oleh 15 peserta dari perwakilan kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) se-Kota Magelang. Selain Wawali dan anggota Komisi B DPRD Kota Magelang, pelatihan juga menghadirkan Suharto, narasumber profesional sekaligus pelaku usaha perikanan (Aquascaper) dari Sasana Mina Kota Magelang.

 

Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota, K.H. Drs. M. Mansyur, M.Ag.secara khususmemberikan motivasi dan dorongan kepada peserta pelatihan untuk terus berinovasi. Melalui inovasi, lanjutnya, memungkinkan terciptanya sejumlah peluang baru bisnis aquascape. Ia juga menyarankan pembentukan Kelompok Aquascape Kota Magelang. “Saya berharap bisnis aquascapeyang masih sangat prospektif ini dapatsemakinmemiliki manfaat ekonomi bagi masyarakat disertai kesinambungan usaha yang lebih baik,”katanya.

 

Sementara itu Kadisperpa, Eri Widyo Saptoko memaparkan Disperpa sebagai Dinas teknis yang membantu urusan Walikota di bidang pangan, pertanian dan perikanan siap mendukung program Walikota Magelang untuk mendorong tumbuhnya Wira Usaha Baru (WUB). Dukungan penumbuhan WUB itu, lanjut Eri, akan diimplementasikan melalui sejumlah program kegiatan dan penyuluhan/pendampingan kepada masyarakat. Sesuai arahan Walikota Magelang,lanjutnya, Disperpa diharapkan dapat melakukan optimalisasi fungsi unit kerja/unit pelayanan dan sejumlah tema pelatihan kepada masyarakat Kota Magelang untuk menumbuhkan WUB. “Disperpa optimis dapat menggenjot tumbuhnya WUB melalui bisnis aquascape,”tegasnya.

 

Eri mengatakan pelatihan Aquascape (Live Setting Aquascape) dimaksudkan untuk menyebarluaskan informasi dan memberikan edukasi kepada para pelaku usaha pembudidaya ikan kecil (ikan hias) di Kota Magelang. Adapun tujuan utama kegiatan adalah untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan peserta dalam pembuatan Aquascape. “Kami berharap pelaku perikanan yang lokasinya tidak lagi bisa digunakan sebagai lahan budidaya ikan konsumsi masih dapat berkarya melalui Aquascape. Saat ini masyarakat suka yang mudah dan instan, maka keterampilan pembuatan aquarium dan setting aquascape menjadi salah satu pilihan sekaligus peluang usaha yang sangat menjanjikan,”pungkasnya.

 

Terinformasi Aquascape merupakan seni mengatur tanaman air dan batu, batu karang, koral, atau kayu apung, secara alami dan indah di dalam aquarium sehingga memberikan efek seperti berkebun di bawah air. Aquascape biasanya terdiri dari komponen ikan dan tanaman. Tujuan utamanya untuk menciptakan sebuah gambaran “bawah air” sehingga juga harus mempertimbangkan aspek teknis pemeliharaan tanaman air.

      Potensi aquacape yang telah mendunia menjadi sebuah peluang usaha. Peluang tersebut dapat dikelompokkan sebagai pembibit tanaman air dan pembudidaya ikan hias, penyedia jasa dekorasi tanaman air (aquascaper) dan penyediaan peralatan aquascape.Proses mendekorasi wadah atau akuarium dapat disesuaikan dengan sejumlah tema yang diambil untuk mendekorasi sehingga hasil karya dapat dinikmati dengan maksimal. Hobi dan ketrampilan membuat aquascape dapat meningkatkan pendapatan pelaku usaha sektor perikanan (among_wibowo, red).