Disperpa Sukses Gelar Walikota Magelang Award 2, Lomba Burung Kicauan Bertaraf Nasional

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

MAGELANG- Untuk kesekian kalinya Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang sukses menggelar kegiatan lomba. Kali ini Lomba Burung Kicauan tingkat Nasional tahun 2022. Kegiatan yang bertajuk “Walikota Magelang Award#2“ itu digelar hari minggu lalu (25/09/2022) di GOR Samapta Sanden Kramat Selatan dan dibuka secara langsung oleh Walikota Magelang, dr. Muchamad Nur Azis, SpPD, KGH FINASIM. Hadir dalam kegiatan itu sejumlah pejabat OPD se-Kota Magelang dan komunitas burung kicauan se- Indonesia. Kegiatan lomba dilaksanakan atas kerjasama Disperpa Kota Magelang dengan Komunitas Burung Berkicau Magelang BNR”.

Dokter Azis dalam sambutannya mengungkapkan kegiatan lomba burung bertaraf Nasional itu merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program unggulan Walikota yaitu Rodanya Mas Bagia (Maju, Sehat dan Bahagia). Kegiatan lomba burung kicauan diharapkan dapat memberdayakan masyarakat dan meningkatkan daya saing ekonomi. “Kegiatan itu juga sebagai upaya pembinaan dari Disperpa Kota Magelang kepada komunitas/pecinta burung, media komunikasi untuk berbagai pengetahuan dan ketrampilan merawat burung berkicau, produsen produk peternakan (pakan burung), dokter hewan praktisi kesehatan dan pemantauan penyakit hewan menular strategis,”tegasnya.

Terpisah Kepala Disperpa, Ir. Eri Widyo Saptoko, Msi dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Disperpa, Ir. Agung Widiantoro, MT memaparkan tujuan dihelatnya Laomba Burung bertaraf Nasional antara lain memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat tentang burung berkicau dalam hal jenis, kualitas bibit, nilai ekonomi dan kesehatan hewannya; sebagai wadah anggota komunitas dan masyarakat umum untuk bertukar informasi serta pendapat (pikiran) mengenai berbagai hal yang terkait dengan pemeliharaan burung berkicau sebagai hewan piaraan dan sebagai ajang komunikasi antara komunitas / pecinta burung, produsen produk (pakan burung), penyedia jasa (dokter hewan) dan konsumen.“Adapun sasaran “Walikota Magelang Award 2“ ini adalah komunitas /pecinta burung berkicau dan masyarakat peternakan,”tandasnya.

        Terinformasi acara diawali dengan pembukaan, doa, laporan penyelenggaraan Lomba Burung oleh Sekretaris Disperpa dilanjutkan sambutan Walikota Magelang, pemberian cendera mata dari BNR kepada Walikota Magelang dan simbolis penggantangan burung sebagai tanda dimulainya Lomba Burung “Walikota Magelang Award 2“. Dalam kesempatan itu Walikota mengapresiasi pelaksanaan lomba burung dan diharapkan bisa memacu minat masyarakat untuk mengembangkan usaha perbibitan burung berkicau. Jumlah peserta lomba kali ini sekitar 200 orang dan masing-masing peserta mengikutkan 2-5 ekor burung untuk dilombakan. Peserta berasal dari berbagai daerah baik dalam kota Magelang maupun luar kota/luar pulau dari wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan Lampung.  Peserta terjauh berasal dari Aceh. (among_wibowo, red)