Entaskan Stunting, Wali Kota MagelangTargetkan Penyaluran CPPP Untuk Bantuan Pangan 501 KRS

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

MAGELANG-Pemerintah Kota Magelang melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) hari jumat (28/04/2023) menyalurkan Bantuan Pangan kepada 501 Kelompok Rentan Stunting (KRS) di 17 kelurahan. Bantuan pangan berupa daging ayam karkas yang utuh dan bersih kurang lebih 1 kg dan telur ayam sebanyak 10 butir. Berkenan dalam kesempatan itu Wali Kota Magelang dr. H. Muhammad Nur Azis, SpPD KGH FINASIM menyerahkan bantuan pangan secara simbolis kepada perwakilan penerima bantuan di kelurahan Rejowinangun Utara. Hadir dalam kegiatan penyaluran bantuan pangan, Ketua TP PKK Kota Magelang Niken Ichtiaty, Pj. Sekda Larsita, Plt. Kepala Disperpa Agung Widhiantoro, Kepala Dinas Sosial Bambang Nuryanto, Plt. DPMP4KB Septi Milna Triwarno dan sejumlah pejabat struktural terkait di lingkungan Pemerintah Kota Magelang.

Dalam sambutannya Walikota Magelang menekankan bahwa untuk mendapat anak yang cerdas dan bisa merubah nasib adalah dengan menjadikan mereka anak-anak yang pintar yaitu dengan memberikan gizi yang baik dan menyekolahkannya setinggi mungkin. “Ada 3 hal dalam membuka pintu rejeki yaitu: Silaturahmi, berbakti kepada orang tua dan bersedekah,”tandasnya.

 

Sementara itu Plt. Kadisperpa Agung Widhiantoro memaparkan penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2022 untuk menanggulangi kekurangan Pangan, gejolak harga Pangan; pasca bencana alam; pasca bencana sosial; dan keadaan darurat. Disamping itu, penyaluran CPP juga dapat dilaksanakan dalam rangka antisipasi, mitigasi dan pelaksanaan pemberian bantuan pangan. Penyedia telur dan daging ayam adalah ID FOOD, pelaksana pendistribusiannya melalui PT Pos Indonesia sebagai transporter, dan pengawasan di lapangan salah satunya oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang, Jangka waktu pelaksanaan kegiatan ini mulai bulan April sampai dengan Juni 2023 yang dalam penyalurannya dilakukan di Kantor Pos Cabang Kota Magelang”jelasnya.

Terinformasi tujuan kegiatan CPP ini adalah menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo dalam rangka menjaga daya beli masyarakat sekaligus menyerap produksi peternak. Kegiatan ini juga sebagai upaya menurunkan kerawanan pangan dan gizi akibat kurangnya asupan protein bagi masyarakat khususnya masyarakat berpendapatan rendah, serta upaya Pemerintah kembali menyalurkan bantuan pangan bagi masyarakat,berupa bantuan telur dan daging ayam yang ditujukan kepada masyarakat berisiko stuntingsehingga diharapkan dapat memperbaiki pertumbuhan dan mencegah terjadinya stunting pada anak. (Arif, red)