Republik Terwelu Kota Magelang Sabet 2 Gelar Juara Nasional di Kediri Rabbit Show 3

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

Kota Magelang-Republik Terwelu hari sabtu (25/11/2023) kembali menorehkan prestasi yang membanggakan bagi Kota Magelang. Kali ini komunitas peternak kelinci binaan Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang itu sukses menyabet 2 gelar juara pada Kediri Rabbit Show 3. Raihan juara itu menyisihkan 211 peserta lainnya dari berbagai daerah di Indonesia., antara lain Jakarta Bogor, Sumedang, Batang, Semarang, Magelang, Salatiga, Solo, Magetan, Tulung Agung, Kediri dan Malang.

Aryono Septa, pengurus Republik Terwelu, menceritakan penyelenggaraan even lomba/kontes kelinci tingkat Nasional di Simpang Lima Gumul Kediri tersebut didukung Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kab Kediri. Septa menilai keberhasilan meraih 2 gelar juara nasional itu tak lepas dari kontribusi dan perjuangan semua anggota komunitas kelinci di Republik Terwelu serta dukungan dari Disperpa Kota Magelang. “Älhamdulillah akhirnya kami sukses memenangi 2 kategori lomba kelinci yaitu Juara Best Of Breed Jenis Californian dan Juara Best Of Opposite Breed Jenis Flemish Giant. Semoga keberhasilan ini menjadi motivasi kami pada lomba/kontes kelinci selanjutnya,”katanya bangga.

 Lebih lanjut Septa menjelaskan bahwa proses penjurian lomba berlangsung ketat karena melibatkan 4 juri bertaraf Internasional bersertifikat ARBA (American Rabbit Breeder Assosiation) dari 3 negara, Amerika Serikat, Malaysia dan Indonesia. Mereka adalah Adam Schuller (Amerika Serikat), Maddy Pratt (Amerika Serikat), Beh Aik Kang (Malaysia) dan Arie Wardhani (Indonesia). “Dari proses penjurian kami banyak belajar bagaimana untuk bisa memenuhi kriteria yang diharapkan dalam lomba/kontes di even-even nasional selanjutnya, sekaligus dapat mengedukasi masyarakat dalam perawatan kelinci untuk lomba/kontes,”tandasnya. (among_wibowo, red)