TINGKATKAN KOMPETENSI PETERNAK PEMULA, DISPERPA KOTA MAGELANG ADAKAN PELATIHAN PENETASAN TELUR

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

DISPERPA KOTA MAGELANG - Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang bidang Peternakan mengadakan pelatihan penetasan telur di Aula Disperpa, Selasa dan Rabu, 6-7 Februari 2024. Pelatihan diikuti oleh dua puluh lima peternak pemula se Kota Magelang dan dibuka oleh Kepala Bidang Peternakan dan Perikanan (Kabid Peterikan), drh. Diana Widiastuti. Ia berharap seluruh peserta dapat memanfaatkan kegiatan ini sebaik mungkin agar mesin tetas dan telur yang nantinya akan dibagikan dapat digunakan sebagai mana mestinya serta membantu meningkatkan perekonomian.

TELUR 1

Pada hari pertama, 6 Februari 2024, materi diisi oleh Agus Tri Sudaryanto S.Pt dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan provinsi Jawa Tengah yang mensosialisasikan kelembagaan kelompok ternak unggas (itik). Kemudian materi kedua disampaikan oleh Praktisi Penetasan Telur, Isman Riyadi dengan judul Teknik Penetasan Telur Itik. Agus pun mengatakan bahwa usaha ini bisa berkolaborasi dan menguntungkan.

“Usaha secara berkelompok bisa lebih menguntungkan, bisa berkolaborasi kegiatan, saling mengisi, belajar, memecahkan permasalahan, produksi untuk usaha yang lebih besar. Dinas akan melakukan pendampingan untuk kelompk peternak penerima hibah maupun bantuan lainnya,” Kata Agus.

Hari kedua, 7 Februari 2024, diisi oleh tiga pemateri diantaranya yaitu Waluyo, Anggota Komisi B DPRD Kota Magelang yang memotivasi pelaku usaha penetasan telur itik. Ia memberikan semangat para peserta pelatihan untuk lebih tekun.

“Bagaimana Masyarakat berdaya? Usaha ternak itik ini bisa sebagai sampingan, efektif dan efisien. Jika ditekuni akan menambah pendapatan rumah tangga, harus tlaten,” ucap Waluyo.

TELUR 3

Materi kedua diisi oleh Nur Prabewi S.Pt, MP, Lektor Polbangtan Yogyakarta-Magelang yaitu Manajemen Budidaya Itik. Ia menyampaikan detail mengenai manajemen bibit, pakan, pemeliharaan, kandang, penyakit pada itik sampai analisis usaha ternak itik penghasil telur tetas.

Pemateri Ketiga adalah Isman Riyadi, yang menjelaskan mengenai praktik penetasan telur Itik. Setelah materi selesai dilanjutkan dengan diskusi lalu pemberian paket mesin tetas dan telur dan penutup.

TELUR 2

TELUR 4