Resik-Resik Kali Bening

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

IMG 1577

Sebagai rangkaian Kegiatan Ulang Tahun MPKM ke-1, Masyarakat Perikanan Kota Magelang (MPKM)bekerja sama dengan Akademi Militer dan Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Magelang, mengadakan kegiatan bersih-bersih sepanjang Kali Bening yang dinamai “Resik-Resik Kali Bening” pada hari Jumat, 25 Oktober 2013. Kegiatan Resik-Resik Kali Bening ini merupakan kali ketiga yang dilaksanakan MPKM selama tahun 2013. Kegiatan Resik-Resik Kali Bening bertujuan untuk membersihkan sampah dan kotoran yang terdapat di aliran sungai. Kegiatan ini juga sekaligus sebagai kampanye kepada masyarakat, terutama masyarakat di sekitar bantaran sungai, untuk senantiasa menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di sungai. Himbauan dan ajakan juga disampaikan melalui spanduk dan poster yang ditempel di sepanjang aliran sungai.

Adapun lokasi Resik-Resik Kali Bening dimulai dari depan GOR Samapta hingga kelurahan Cacaban Kota Magelang. Peserta Resik-Resik Kali Bening melibatkan seluruh komponen masyarakat yang berjumlah ± 700 orang, antara lain terdiri dari TNI, Kepolisian, SKPD, Kecamatan dan Kelurahan, kelompok pembudidaya ikan serta pengolah dan pemasar ikan. Untuk Akademi Militer sendiri, mengerahkan personil sejumlah 300 orang yang dipimpin oleh Letkol Inf. Imam S dan dikoordinir oleh Mayor Budi Leksono.

Resik-Resik Kali Bening diawali dengan apel yang dipimpin oleh Letkol Inf Imam S. Dalam sambutannya, Imam menyampaikan bahwa kegiatan Resik-Resik Kali Bening ini menjadi salah satu upaya dalam merawat dan menjaga sungai yang ada di Kota Magelang, agar sungai senantiasa terlihat bersih dan sehat, atau bening sesuai dengan namanya Kali Bening. Dia juga berharap agar kegiatan serupa dapat dilakukan secara kontinu, dengan lebih banyak mengajak komponen masyarakat yang lain. Kegiatan ini juga sebagai salah satu wujud kemanunggalan TNI dan masyarakat dalam menjaga lingkungan, diantaranya dengan kegiatan bersih-bersih sungai. (kur)