Pelatihan Budidaya Perikanan

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

IMG 1778

Upaya mengoptimalkan budidaya perikanan di lahan sempit sudah banyak dilakukan hingga saat ini, salah satunya dengan budidaya kolam terpal. Kendala yang ditemui di masyarakat adalah belum banyaknya masyarakat yang memanfaatkan budidaya kolam terpal ini sebagai alternatif budidaya ikan di lahan sempit. Melihat peluang dan potensi budidaya kolam terpal, Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Magelang menyelenggarakan Pelatihan Budidaya Perikanan pada tanggal 11-13 November 2013, bertempat di Aula Dinas dan dilanjutkan kunjungan lapangan di Dusun Toyan, Wates, Kulonprogo.

Pelatihan Budidaya Perikanan sebagai sarana untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para pembudidaya ikan di Kota Magelang, khususnya budidaya kolam terpal. Selain itu, Pelatihan ini diharapkan dapat menggugah motivasi peserta serta mempu menumbuhkembangkan jiwa wirausaha sebagai solusi pengembangan perikanan Kota Magelang.

Pelatihan diikuti oleh 20 (dua puluh) orang yang merupakan perwakilan dari 3 kecamatan yang ada di Kota Magelang. Narasumber pelatihan diantaranya Joko Utomo, SP (Satker PBIAT Ngrajeg Magelang), Wagiran (Ketua Pokdakan Trunojoyo Toyan Wates Kulon Progo) dan Sukma Galuh (Bidang Litbang MPKM, Pemilik RM lila Mina Magelang). Pelatihan terdiri dari penyampaian materi kelas selama 2 (dua) hari, dan hari ketiga berupa kunjungan lapangan di Kelompok Pembudidaya Ikan Trunojoyo Toyan Wates Kulon Progo DIY. (kur)