Festival Seribu Kucing di Kota Sejuta Bunga

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

Graphic3Graphic2Graphic4Graphic1

Untuk menjamin keakraban antar sesama pecinta kucing di Kota Magelang dan masyarakat umum lainnya. Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Magelang bekerja sama dengan organisasi perkumpulan pencinta kucing Kota Magelang (Magelang Beloved Cat/MBC) menggelar Festival Seribu Kucing di Kota Sejuta Bunga ke-2. Festival yang diadakan pada hari minggu 2 Februari 2014 bertempat di Bakorwil Karisidenan Kedu ini memperebutkan Trophy Best in Show Walikota Magelang, Rossete dan uang pembinaan. Event ini juga sebagai upaya untuk mempererat silahturahmi antar pencinta kucing, serta dapat dijadikan wadah bagi para komunitas pencinta/penggemar kucing untuk dapat berinteraksi dan bertukar informasi/pengetahuan dalam hal jenis, kualitas, nilai ekonomi, pemeliharaan, perawatan, kesejahteraan hewan dan kesehatan hewan.

Dalam Festival ini para peserta bertarung dalam 2 kategori yaitu kategori Cat Show dan kategori Cat Fun. Dalam kategori Cat Show dibagi lagi kedalam beberapa perlombaan yaitu persian exotic, domestic long hair, dan domestic cat. Kemudian untuk kategori cat fun dibagi ke dalam lomba lari, lomba makan dan lomba kucing dengan kumis terpanjang. Gelaran Festival kedua kalinya ini juga memperoleh apresiasi yang cukup tinggi bagi para penggemar hewan peliharaan kucing, baik yang berasal dari Kota Magelang atau luar Kota Magelang. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang mendaftarkan kucing mereka untuk mengikuti kompetisi ini. Jumlah peserta yang mendaftar untuk kategori Cat Show sebanyak 50 ekor kucing, sedangkan untuk kategori Cat Fun sebanyak 58 ekor kucing.

Dalam Festival yang dimulai pukul 09.00 WIB ini juga tidak hanya menampilkan perlombaan hewan kucing peliharaan saja, tetapi ada juga pameran dan Bursa Kucing yang dapat disaksikan oleh para pengunjung. Jenis-jenis produk yang dijual antara lain makanan kucing, kandang, pernak-pernik kucing, dan aksesori lainnya. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan Vaksinasi Rabies gratis dan Vaksin Tricat untuk pencegahan penyakit Feline Panleucopenia, Rhinotracheitis, Celici. Kemudian ada juga Stand dari Komunitas Reptil Magelang (KOREM) yang melaksanakan sosialisasi reptil kepada para pengunjung.

Acara Festival ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Magelang, Ketua MBC Kota Magelang, Juri Tingkat Nasional (Bapak Cacang Effendi) dan sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Kota Magelang.

Adapun pemenang untuk kategori Cat Show adalah :

Kategori Persian Kitten adalah Juara 1. Nama Kucing Khanza (Asal Semarang), Juara 2. Nama Kucing Ucrit (Asal Yogyakarta) Juara 3. Nama Kucing Mozza (Asal Temanggung).

Kategori Persian Adult adalah Juara 1. Nama Kucing Ztania, Juara 2. Nama Kucing Fiona, Juara 3. Nama Kucing Walnut.

Kategori Exotic Kitten adalah Juara 1. Nama Kucing Astra Jingga (Asal Magelang), Juara 2. Nama Kucing Cullen (Asal Purworejo) Juara 3. Nama Kucing Chiko (Asal Temanggung).

Kategori Exotic Adult adalah Juara 1. Nama Kucing Juliet (Asal Semarang), Juara 2. Nama Kucing Kirana (Asal Semarang) Juara 3. Nama Kucing Conan (Asal Purworejo).

Kategori Domestic Longhair Kitten adalah Juara 1. Nama Kucing Billy (Asal Yogyakarta), Juara 2. Nama Kucing Axel (Asal Magelang) Juara 3. Nama Kucing Upin (Asal Yogyakarta).

Kategori Domestic Longhair Adult adalah Juara 1. Nama Kucing Milo (Asal Tegal Randung), Juara 2. Nama Kucing Yoori (Asal Magelang) Juara 3. Nama Kucing Jaeky (Asal Magelang).

Kategori Domestic adalah Juara 1. Nama Kucing Awan (Asal Semarang), Juara 2. Nama Kucing Riri (Asal Yogyakarta) Juara 3. Nama Kucing Mochi (Asal Yogyakarta).

Dengan diadakannya Festival Seribu Kucing di Kota Sejuta Bunga ke-2 diharapkan akan muncul para breeder baru, produsen produk untuk kucing, toko petshop, penyedia jasa (dokter hewan praktik) dan konsumen di Kota Magelang.