Lomba Burung Berkicau

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

GELARAN LOMBA

BURUNG BERKICAU KE-1

DI KOTA SEJUTA BUNGA - KOTA MAGELANG

 

New Picture 1New Picture

 

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Magelang Ke-1.108 Tahun 2014 dan untuk menjalin keakraban antar sesama pecinta burung berkicau di Kota Magelang. Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Magelang bekerja sama dengan organisasi Paguyuban Penggemar Burung Kenari (PAPBURI) Wilayah Kedu menggelar Lomba Burung Berkicau  yang Ke-1. Lomba Burung Berkicau ini diadakan pada hari Minggu 4 Mei 2014 bertempat di Halaman Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Magelang Jl. Kartini No.3. Kejuaraan ini memperebutkan Piala, Piagam dan Uang Pembinaan untuk 5 Kelas (Jenis Burung) yaitu Kenari, Love Bird, Murai, Kacer dan Cucak Ijo.

Event ini juga sebagai upaya untuk mempererat silaturahmi antara pencinta burung (peternak dan penghobby), serta dapat dijadikan wadah bagi para komunitas pencinta/penggemar burungberkicau untuk dapat berinteraksi dan bertukar informasi/pengetahuan dalam hal jenis, kualitas, nilai ekonomi, pemeliharaan dan perawatan sehingga dapat menciptakan kualitas burung yang lebih baik.

Dalam Lomba ini para peserta akan bertarung dengan peserta lainnya dalam 5 Kelas yaitu Kelas Kenari, Love Bird, Murai, Kacer dan Cucak Ijo. Dengan sistem lomba yaitu penyisihan dari seluruh jumlah peserta yang ada di masing-masing Kelas, diambil 10 besar untuk difinalkan. Aspek yang dinilai meliputi volume suara, variasi lagu, panjang/pendek lagu, kerajinan dan gaya. Tim Juri berasal dari PAPBURI D.I. Yogyakarta dan Kedu.

Gelaran Lomba Burung Berkicau yang Ke-1 ini juga memperoleh apresiasi yang cukup tinggi bagi para penggemar burung berkicau (Kicau Mania) baik yang berasal dari Kota Magelang atau luar Kota Magelang. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang mendaftarkan burung berkicau mereka untuk mengikuti kompetisi ini. Jumlah peserta yang mendaftar untuk Kelas Murai sebanyak 27 peserta, Kelas Kenari sebanyak 44 peserta, Kelas Love Bird sebanyak 22 peserta, Kelas Kacer sebanyak 23 peserta dan Kelas Cucak Ijo sebanyak 27 peserta.

Dalam Lomba yang dimulai pukul 09.00 WIB ini juga tidak hanya menampilkan perlombaan burung berkicau saja, tetapi ada juga Bursa Burung Love Bird dan Kenari.

Acara Lomba ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Magelang, Ketua PAPBURI Wilayah Kedu, Tim Juri dari D.I. Yogyakarta dan sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Kota Magelang.

Adapun pemenang untuk masing-masing kelas adalah :

Kelas Murai Batu adalah Juara 1. Nama BurungKaisar/Pemilik Didik (Asal Magelang), Juara 2. Nama Burung Sarkali/Pemilik Budi S. (Asal Magelang) Juara 3. Nama Burung Jaguar/Pemilik Aziz (Asal Armed II Magelang).

Kelas Kenari Campursari adalah Juara 1. Nama Burung Orchestra/Pemilik Sarwoko CJT (Asal Jogjakarta), Juara 2. Nama Burung Raja Petir/Pemilik Ndaru (Asal Klaten) Juara 3. Nama Burung Pusaka Dewa/Pemilik Yoga (Asal Mahabarata).

Kelas Love Bird adalah Juara 1. Nama Burung Rufik/Pemilik Tuan Muda (Asal Magelang), Juara 2. Nama Burung Sun/Pemilik Ratu (Asal Wonosobo) Juara 3. Nama Burung Allavis/Pemilik Nunung Jager (Asal Magelang).

Kelas Kacer adalah Juara 1. Nama Burung King Artur/Pemilik Koko (Asal Doraemon SF), Juara 2. Nama Burung Stroom/Pemilik Agung K. (Asal Magelang) Juara 3. Nama Burung Baru Klinting/Pemilik Rangga (Asal Jogjakarta).

Kelas Cucak Hijau adalah Juara 1. Nama Burung Viola/Pemilik Agung (Asal Netral BC), Juara 2. Nama Burung Punk Rock/Pemilik Yoyok (Asal Magelang) Juara 3. Nama Burung Evo 3/Pemilik Eka Harsanta (Asal Klaten).

Dengan diadakannya Lomba Burung Berkicau  yang Ke-1 ini diharapkan akan muncul para breeder baru, pengusaha poultry shop, peternak, penghobby burung dan dapat menjadi wisata hiburan di Kota Magelang.