Pelatihan Penguatan Kelembagaan Kelompok Perikanan Kota Magelang Tahun 2015

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

Kota Magelang merupakan salah satu kota yang terletak di Propinsi Jawa Tengah dengan luas wilayah 18,12 km2. Secara geografis Kota Magelang terletak pada 110°12’30” - 110°12’52” Bujur Timur dan 7°26’28” - 7°30’9” Lintang Selatan serta terletak pada posisi strategis, karena berada tepat di tengah-tengah. Secara administratif Kota Magelang terbagi atas 3 kecamatan dan 17 kelurahan. Potensi perikanan budidaya Kota Magelang seluas 6,68 Ha dengan jumlah kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) dan poklahsar sebanyak 25 kelompok.

 

Dalam setiap organisasi (kelompok) selain bekerja untuk mencapai tujuan organisasi, para anggota kelompok / pelaku utama juga berusaha untuk memenuhi kebutuhan sosial mereka seperti rasa persahabatan, rasa kekeluargaan sehingga dapat menggugah semangat (motivasi) dan keeratan hubungan (kebersamaan). Satu hal yang pokok dari pembinaan kelompok perikanan adalah menumbuhkan peran serta / partisipasi dari kelompok perikanan itu sendiri menuju kemandiriannya.

Pelatihan Penguatan Kelembagaan Kelompok ini diselenggarakan oleh FEDEP (Forum for Economic Development and Employment) Kota Magelang yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan. Peserta pelatihan terdiri dari pembudidaya ikan, pengolah hasil perikanan, pemasar ikan segar serta pedagang ikan hias yang berada di wilayah Kota Magelang. Kegiatan dilakukan pada tanggal 25 Juni 2015 jam 09.00-15.00 WIB.

Dalam sambutannya, Ketua FEDEP Kota Magelang Bp. Edi Sutrisno, M.Si mengemukakan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka memfasilitasi salah satu klaster yang ada di Kota Magelang. Kepala Dinas Pertanian Peternakan Perikanan Kota Magelang Ir. Sri Retno Murtiningsih menyatakan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini. Beliau juga berharap agar nantinya pelaku utama perikanan di Kota Magelang dapat menjadi wirausaha yang tangguh.

Pada kegiatan pelatihan ini menghadirkan narasumber Bp. Saptono, S.Pd penyuluh perikanan swadaya dan Ketua UPP Sembada dari Kabupaten Sleman. Beliau memperkenalkan UPP (Unit Pelayanan Pengembangan) Perikanan, Struktur Organisasi dan Keanggotaan UPP, Kemitraan UPP, Program Kerja UPP, Model Pelaksanaan serta Sumber Permodalan. Acara dilanjutkan dengan training motivasi oleh Ibu Huzna Marzuqoh. Motivator didatangkan guna lebih menyemangati para pelaku utama dalam mengembangkan usaha di bidang perikanan.

Kontributor

Nuri Kriswanti, S.Pi

PPB Kota Magelang