Pembentukan Asosiasi Pekerja RPH ( Rumah Potong Hewan )

Ditulis oleh pertanian on . Posted in Berita

Bertempat di RM. Jimbaran, pada hari Selasa tanggal 13 Oktober 2015 telah diadakan pertemuan para pekerja RPH (Tukang Keled) guna membentuk Asosiasi Pekerja RPH yang difasilitasi UPTD. RPH dan Laboratorium Kesmavet Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Magelang. Dalam pertemuan tersebut di sepakati nama Asosiasi adalah HARAPAN dengan Ketua Bapak Parjono.

 

 

Tujuan pembentukan asosiasi ini untuk mewadahi para pekerja RPH (Tukang Keled) yang selama ini masih terpisah-pisah bergantung kepada para jagal masing-masing pekerja. Diharapkan dengan adanya asosiasi, kepentingan mereka bisa lebih diperhatikan dan asosiasi menjadi sarana dalam berkomunikasi dengan pihak lain.

 RPH Kota Magelang merupakan satu dari tujuh RPH di Jawa Tengah yang menjadi prioritas program Restrukturisasi RPH Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah. Dalam program restrukturisasi tersebut ada wacana asosiasi pekerja RPH berada di bawah UPTD RPH dan Laboratorium Kesmavet Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Magelang. Mereka bekerja untuk UPTD RPH dan Laboratorium Kesmavet guna melayani para jagal, mendapatkan penghasilan yang sama yang berasal dari iuran para jagal.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri perwakilan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah ini juga dibagikan bantuan dari dinas provinsi berupa pakaian seragam dan sepatu boot bagi para pekerja RPH (Tukang Keled) dan pegawai teknis di lingkungan RPH Kota Magelang.